Ketika Privasi Mulai Terganggu Karena BBM

Posted on June 21, 2011

0


BlackBerry Messenger (BBM)  merupakan salah satu aplikasi penting yang sepertinya hampir semua orang memilikinya. Komunikasi dengan teman, relasi, kolega dan lain-lain menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih pasti dan biaya menjadi lebih murah krn bisa menghemat biaya SMS dan telpon. Tapi apakah Anda mengetahui bahwa komunikasi dalam ber-BBM juga ada etikanya? Yuk, kita simak tips yang kami ulas berdasarkan pandangan mata dan masukan dari teman-teman.

Seperti yang Anda tahu, bahwa BBM tidaklah seperti Instant Messaging biasa. Kalo pengguna Instant Messaging seperti YM, Gtalk, Windows Live Messenger mempunyai log in dan log out sehingga apabila kita membutuhkan privasi kita hanya tinggal mengaturnya ke invisible ataupun Log out. Kalau di BBM tidak ada fitur tersebut. Mungkin merupakan salah satu kekurangan dari aplikasi BBM. Tetapi bisa jadi ini adalah salah satu kelebihan BBM, karena selama anda terkoneksi dengan layanan BIS, Anda bisa dihubungi kapanpun dimanapun.

Dengan BBM, privasi Andapun  menjadi berkurang, karena Anda bisa dihubungi setiap saat. Lalu bagaimana kita menjaga agar teman Anda tidak terganggu privasinya? Mungkin bisa diikuti tips dari kita:

• Apabila memanggil teman di BBM, janganlah Anda melakukan PING!! terlebih dahulu. Sapalah dengan baik, tanyakan sedang sibuk atau tidak apabila memang ada keperluan

• Gunakan PING!!! untuk memanggil apabila setelah Anda menyapa tidak ada jawaban. Tetapi gunakan PING!!! dengan bijakasana. Jangan PING!!! Berkali2 dalam setiap hitungan detik. Mungkin teman Anda sedang sibuk.

• Hargai teman Anda yang memasang status icon “Busy” janganlah privasi diganggu dengan memanggilnya pada tengah malam, atau memang sedang sibuk di siang hari. Meskipun banyak juga yang memasang status busy tetapi mungkin memang sedang santai, tetapi tidak ada salahnya menegur sapa seperti yg sudah dijelaskan di poin 1.

• Pada BBM mempunyai fitur pada pesan yang sudah terkirim dengan tanda check dan berhuruf “D” yang berarti pesan tersebut sudah terkirim dan berubah menjadi “R” atau Read yang berarti pesan tersebut sudah dibuka dan dibaca. Apabila pesan tersebut masih dalam kondisi “D” atau delivered dan belum dibaca untuk waktu lama, usahakan jangan meng PING!!! hingga berkali-kali, karena kalau memang dia sudah membacanya pasti akan dibalas. Apabila penting sekali dan butuh jawaban yang cepat silahkan gunakan BlackBerry Anda untuk menelpon teman Anda.

• Jangan pernah menggunakan fitur Broadcast Message untuk hal-hal yang berisi info hoax (berita bohong), jokes of the day dan sejenisnya. Karena tidak semua orang mau membaca isinya. Tips ini pernah diulas sebelumnya silahkan buka Tips: Penggunaan Fitur Broadcast Message di BlackBerry Messenger Dengan Bijak

Kalau tips diatas bisa dikatakan untuk menjaga privasi teman Anda, sekarang Anda pun juga harus bisa menjaga privasi Anda sendiri. Berikut tipsnya:

• Janganlah memasang status di BBM Anda apabila Anda sedang kesal dengan suami/istri/pacar/teman dan lain-lain. Apalagi sampai isinya ditujukan ke seseorang.

• Tidak perlu berganti-ganti status BBM dan juga profile picture dalam hitungan menit. Karena akan dilihat seperti kurang kerjaan. Karena mungkin untuk sebagian orang, Anda hanya akan terlihat ingin exist dan menjadi pusat perhatian saja

• Untuk status update, jangan tampilkan “Show what I’m listening to.” Mengapa? Sebenarnya bukan masalah apabila Anda hanya mendengarkan lagu-lagu MP3. Tetapi pernahkah terfikir kalau yang Anda putar itu adalah Video Porno?  Apabila iya, daripada Anda malu dengan teman-teman yang berada di list contact BBM Anda, sebaiknya di matikan saja fungsi fitur tersebut. Karena fitur itu akan mengupdate ke semua list contact BBM anda untuk setiap lagu maupun video yang diputar di BlackBerry Anda.

• Apabila anda memang menginginkan privasi yang benar-benar tidak ada seorang pun yang boleh mengganggu Anda, sebaiknya cabut baterai BlackBerry Anda lalu pasang lagi ketika memang Anda sudah siap untuk berkomunikasi lagi..:D

• Tips ini hanya tips tambahan tetapi cukup penting: Dalam penulisan nama di BBM, gunakanlah abjad yang jelas. Jangan gunakan simbol-simbol yang tidak jelas misalnya: 73RukN!P!5.c0m. Sulit bukan dibacanya? Lagi pula apa salahnya menggunakan huruf abjad yang jelas? Teman Andapun menjadi lebih mudah dalam mencari Anda di list contact BBM.

Mudah-mudahan sedikit tips diatas menjadi lebih berguna dalam berkomunikasi melalui BBM. Mungkin masih banyak tambahan tips yang kami belum tulis, tetapi Anda bisa mulai mencobanya dengan beberapa tips diatas agar Anda juga dapat  menggunakan BBM dengan leluasa tetapi tidak mengganggu privasi Anda sendiri maupun orang lain. Semoga tipsnya bermanfaat..:)

Sumber: Jeruk Nipis

Tagged:
Posted in: Blackberry