HTC Flyer, Bukan Tablet Android Biasa

Posted on June 22, 2011

0


HTC telah resmi memasarkan tablet perdana mereka di Indonesia. HTC Flyer, berbekal segudang fitur yang membuatnya terlihat berbeda dengan kebanyakan tablet Android lainya.

Beberapa waktu lalu detikINET telah mencicipi HTC Flyer dan merasakan bagaimana sensasinya menggunakan gadget tersebut. Nah, kali ini detikINET akan mengupas lebih dalam lagi mengenai fitur yang ditawarkan.

Desain Menggoda

Secara tampilan produk ini tidak berbeda dengan yang pernah dicicipi detikINET beberapa waktu sebelum peluncurannya. Masih terlihat elegan dan menggoda. Terlebih lagi dalam paket pembelian pengguna diberi bonus leather case bewarna putih yang menarik.

Menggenggam produk ini serasa pas di tangan. Seluruh bagian tubuhnya terasa kokoh berkat bahan bahan unibody metal yang digunakan. Tampilan layarnya juga terlihat cemerlang, cukup nyaman untuk membaca sebuah tulisan panjang dan untuk menonton film High Definition (HD).

Namun bahan metal unibody yang melekat tidak sepenuhnya menyenangkan. Selain baterai yang tidak bisa dilepas, pengguna juga akan sedikit kesulitan membuka cover atas produk ini ketika ingin memasukan SIM card atau memori eksternal.

Permukaannya juga terasa licin, sehingga rawan tergelincir ketika tangan pengguna berkeringat. Oh ya, produk ini juga memiliki bobot sekitar 420,8 gram, cukup berat dibandingkan dengan tablet pc berukuran sama.

Ada 3 touch panel utama di HTC Flyer yakni Home, Menu dan Back, dengan 1 tombol lain khusus untuk Magic Pen.

Keempat touch panel tersebut sepertinya terintegrasi dengan sensor gravitasi. Buktinya, ketika digunakan pada modus portait, panel tersebut berada di bagian bawah, dan ketika digunakan pada modus landscape keempat panel itu pun mengikuti gerak pengguna ke bagian bawah (biasanya di samping). Hal ini belum pernah dijumpai pada tablet pc lainnya.

Pada bagian interface, HTC Flyer dipermak habis-habisan. Tampilanya mirip dengan Desire S tapi dengan layar yang lebih besar.

Interface yang begitu menarik lantaran produk ini dibenamkan HTC Sense 3.0. Bedanya dengan seri sebelumnya, animasi pergeseran tiap homescreen kini semakin menawan dengan transisi 3 dimensi.

Tak ketinggalan juga disertakan beberapa widget khas HTC seperti Friend Stream, Mail, Weather, News, dan widget ‘perpustakaan’ yang berisikan beragam buku digital.

Selain itu, masih ada HTC Hub yang terkoneksi dengan htcsense.com dan aplikasi Watch yang bisa digunakan untuk menyewa atau membeli film. Cukup menarik bukan?

Performa Cukup

Meski bukan tabpet pc paling kencang, namun performa yang ditawarkan masih terbilang cukup untuk beberapa keperluan seperti mengolah dokumen, mengunjungi situs dengan konten flash, hingga menyaksikan film beresolusi tinggi.

Begitu pun ketika digunakan untuk bermain game. detikINET coba memainkan beberapa judul seperti World War, Eternal Legancy, Gun Bros, dan Air Attack HD pun lancar dimainkan. Ingin coba meyakinkan, detikINET coba melakukan pengujian menggunakan beberapa aplikasi bechmark.

Pengujian pertama dilakukan dengan Quadrant yang berhasil menorehkan angka sebesar 1869. Sedangkan pada aplikasi AnTutu System Benchmark mendapatkan skor 2429. Bukan yang paling besar memang, namun HTC menjanjikan pengalaman yang menarik berkat ‘Pena Ajaib’ yang disertakan.

Beragam Fungsi Magic Pen

‘Pena Ajaib’ yang disertakan dalam HTC Flyer sejatinya dirancang untuk menulis, namun ternyata fungsinya lebih dari itu. Misalnya untuk melukis, highlight tulisan dalam web, mengambil screenshot, tanda tangan dokumen, dan semua hal itu bisa langsung dikirimkan melalui email atau jejaring sosial.

Ada 2 tombol utama Magic Pen ini, tombol bawah untuk menulis, sedangkan bagian atas untuk menghapus. Untuk sumber dayanya, perangkat ini disokong oleh sebuah baterai AAA.

Desain menggoda, fitur berlimpah, dan kehadiran sebuah ‘pena ajaib’ sepertinya menjadi daya tarik utama HTC Flyer. Namun sayangnya tablet Android Gingerbread ini dibanderol di atas harga pasaran tablet lainnya yakni Rp 6,9 juta.

Kelebihan:
+ Desain keren
+ Layar cemerlang
+ Ada Magic Pen
+ Interface menarik

Kekurangan:
– Agak berat
– Masih Gingerbread

Spesifikasi HTC Flyer

  • OS: Android 2.3.3
  • CPU: Qualcomm 1,5Ghz
  • Memory: 1GB RAM dan 32GB Memory internal
  • Layar: 7 inchi, 600 X 1024 pixel
  • Kamera: 1,3MP di depan dan 5MP di belakang
  • Koneksi: HSDPA, Wi-fi, Blutooth 3.0, Micro USB
  • Ukuran: 195,4 x 122 x 13,2 mm
  • Bobot: 420,8g

Sumber: detikInet

Posted in: Android