Kamera Ini Punya 40.000 Lensa!

Posted on June 23, 2011

0


Semakin banyak lensa, semakin baik kemampuan fokus sebuah kamera. Tapi kamera ini memiliki lensa sampai 40.000!

Kamera digital rata-rata punya kelemahan yang sama, jika fokusnya diperbesar, gambarnya akan jadi buram. Tapi sekarang ada kamera teknologi plenoptic.

Kamera ini diciptakan melalui satu dekade penelitian, yang melibatkan Adobe, Universitas Stanford, dan Universitas Indiana. Kamera plenoptic dapat memotret objek ganda dengan satu shot.

Produk plenoptic pertama adalah Raytrix R11 buatan Jerman. Kamera ini diproduksi masal dan dijual di Amerika Serikat. Kamera plenoptic terdiri atas rangkaian 40.000 lensa mikro di bagian atas sensor image-nya.

Teknologi post-shoot refocusing memungkinkan kamera menangkap sumber cahaya dari berbagai arah. Saat cahaya masuk ke lensa, cahaya akan terpecah jadi 40.000 bagian. Kemudian software-nya mengubah data objek akhir.

Dengan kamera ini, fotografer juga dapat memotret satu objek dari dua sudut berbeda untuk menghasilkan foto 3-D dan video.

Kamera R11 resolusi akhirnya hanya 3 megapiksel, sedangkan videonya dapat merekan 6 frame per detik. Harga kamera ini Rp258 juta.

Anda berminat?

Sumber: Inilah.com

Posted in: Gadget