Cara Root Samsung Galaxy Tab 7

Posted on June 28, 2011

0


Cara Root Samsung Galaxy Tab 7

Ada sebuah aplikasi bernama z4root yang akan membantu Anda rooting Galaxy Tab 7. Meskipun saat ini Anda tida akan bisa menemukan z4root di Android Market (pastinya Google telah membuangnya😀 ), namun Anda masih bisa menemukannya di internet. Namun z4root tidak lagi support sejumlah versi Galaxy Tab 7. Untuk itu Anda bisa lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

Ok, sebelum mulai rooting silakan persiapkan kelengkapan berikut:

– Samsung Galaxy Tab 7
– Kabel USB
– Samsung Galaxy Tab drivers
– SuperOneClick
– Komputer Windows dengan port USB
– Android Terminal Emulator (gratis di Android Market)

PERHATIAN: Rooting bisa membahayakan Galaxy Tab dan Anda bertanggung jawab atas semua yang mungkin terjadi. Jika tidak yakin bisa menjalankannya, jangan lakukan.

Jika sudah yakin, mari kita mulai:

Lihat model Galaxy Tab yang Anda pakai di bagian belakangnya. Sebagai contoh: SPH-P100. Setelah mengetahui modelnya, silakan cari drivernya di situs Samsung support. Jika sudah ditemukan driver yang sesuai, silakan download dan install di komputer.

Selanjutnya download, install SuperOneClickv1.7-ShortFuse.zip dan ekstrak di desktop.

Sebelum memasang kabel USB, nyalakan dulu Galaxy Tab 7. Buka Settings > Applications > Development lalu aktifkan USB debugging. Jika Anda terlanjur memasang kabel USB maka USB debugging tidak bisa diaktifkan kecuali jika Anda melepas kabel tersebut. Setelah aktif, silakan tancapkan kabel USB di GTab dan komputer.

Sekarang buka folder SuperOneClick di desktop yang telah Anda install sebelumnya dan jalankan SuperOneClick.exe. Anda akan melihat icon kecil berbentuk tameng . Munculnya icon itu berarti Anda harus menjalankannya dengan persetujuan admin. Dobel klik pada icon tersebut dan masukkan data yang diperlukan.

Sekarang Anda cari Root button , klik dan tunggu.


Selanjutnya skan muncul beberapa notifikasi. Pada tahap ini muncul pemberitahuan bahwa proses rooting berhasil dilakukan. Klik YES untuk mengetes dan menginstall aplikasi Superuser. Selanjutnya Anda akan diminta reboot GTab sebelum root berhasil. Silakan diskonek USB dan reboot.

Selesai! Gtab 7 telah berhasil rooted. Anda bisa mengetesnya menggunakan Android Terminal Emulator (bisa didapat di Android Market). Dari $ prompt, ketik su dan tekan enter. Superuser akan memberitahukan Anda untuk bisa ‘Allow’ perintah itu. Pilih Allow dan Anda akan mendapatkan sebuah root (#) prompt! Berhasil! (hati-hati dengan apa yang Anda ketik!)

Sumber: gopego.com

Posted in: Android