Panduan Twitter Untuk Wartawan / Jurnalis

Posted on June 28, 2011

0


Twitter for Newsroom (gambar: screenshot)

CALIFORNIA – Twitter telah meluncurkan sebuah panduan yang menunjukkan ke reporter, bagaimana penggunaan terbaik situs mikrobloging tersebut sebagai alat bantu kerja mereka sehari-hari.

Seperti yang dikutip dari Mashable, Selasa (28/6/2011), sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi alat berbagi informasi dan berita untuk sesama penggunanya. Bahkan informasi di Twitter terkadang juga dipakai sebagai bahan berita oleh para jurnalis.

Panduan yang berjudul ‘Twitter for Newsrooms’ tersebut nampaknya cukup jelas bagi pengguna Twitter. Panduan tersebut berisi tips mengenai bagaimana melakukan reportase, terhubung dengan pengguna yang lain atau follower, serta bagaimana melakukan tweet untuk memproses pelaporan.

Peluncuran panduan resmi Twitter untuk jurnalis ini menandakan bahwa betapa besarnya dampak media sosial saat ini terhadap industri berita.

Facebook pun juga sudah melakukan hal serupa, dengan meluncurkan sebuah Page untuk jurnalis di Facebook, dibuat sebagai sumber bagi para jurnalis yang ingin memasukkan unsur media sosial ke dalam laporan dan jaringan mereka.

Selain itu, Facebook juga menjalankan sebuah program pertemuan para jurnalis, sebagai langkah kongkrit untuk mendukung para jurnalis.

Untuk melihat panduan resmi Twitter untuk para jurnalis, klik ke http://media.twitter.com/newsrooms/

Posted in: Social Network