Sang Paus pun Kini Main Twitter

Posted on July 1, 2011

0


Vatikan secara resmi meluncurkan portal berita internet baru dengan alamat news.va, kemarin (29/6). Peluncuran tersebut selang sehari setelah Paus Benediktus XVI juga mempublikasikan akun Twitter, dengan mengirimkan “kicauan” pertamanya (tweet) dari iPad.

Dalam sebuah potongan video yang dirilis Vatikan menggambarkan, Paus tampak tersenyum terlihat mengetik di layar iPad-nya dibantu oleh sejumlah kardinal. Tampilan layar pada komputer tabletnya itu bergambar Paus di usia mudanya bersama keluarga.

Rohaniawan 84 tahun tersebut mengenakan jubah putih dan berdiri di ujung meja kayu di Vatikan. Dia terlihat mengetik sebuah link internet dengan kata “publish” yang sepertinya gagal.

Paus menggunakan nama resminya dalam bahasa Latin, yang resmi digunakan di Vatikan, dalam peluncuran akun Twitter-nya, Selasa (27/6). Dalam pesannya dia menulis: “Segala puji bagi Tuhan kami Yesus! Dengan doa dan berkatku, Benediktus XVI”.

Website tersebut membawakan berita-berita dari media Vatikan, termasuk harian Osservatore Romano, radio Vatikan, televisi, dan kantor berita misionarus Gereja Katolik, yang meliput perkembangan dunia.

News.va juga akan menampilkan kabar-kabar terbaru berbagai kejadian di Vatikan dengan dekat dan nyata. Juga berbagai kegiatan penting penganut Katolik di seluruh dunia melalui Twitter, YouTube untuk video, dan Flickr untuk foto-foto terbaru. Situs internet tersebut dikelola oleh sebuah perusahaan desain internet asal Spanyol.

Vatikan mulai merambah media jejaring sosial dalam beberapa bulan terakhir, demi mendapatkan simpati masyarakat lebih luas, terutama kaum muda. Upaya tersebut untuk menghambat tumbuh kembangnya sekularisme di dalam masyarakat dan meredam gelombang pemberitaan banyaknya skandal pedofilia di kalangan pemuka agama.

Website ini akan menjadi situs pertama berisi informasi lengkap dan langsung dari sumber utama di Vatikan. Diluncurkan pada Rabu, 29 Juni, bertepatan dengan tahun ke-60 penetapan Benediktus sebagai rohaniawan.

Selain itu, untuk melawan pelecehan seks oleh pastor Katolik Roma, Vatikan sedang mengambil langkah-langkah baru, termasuk menyiapkan database online dan konferensi internasional untuk memberi bimbingan bagi pastor dan korban pelecehan.

Sumber: JPNN.com

Posted in: Social Network