HTC Diprediksi Salip BlackBerry

Posted on July 4, 2011

0


Eksistensi BlackBerry di level atas ponsel pintar terancam digoyang. Ancaman utama datang dari HTC. Bahkan vendor asal Taiwan itu disebut-sebut bakal menggeser BlackBerry dari posisi empat smartphone dunia pada tahun 2012 mendatang.

Perusahaan riset Market Intelligence Center (MIC) menyebutkan, posisi empat smartphone dunia saat ini memang masih dipegang BlackBerry besutan Research In Motion (RIM). Namun melihat kondisi terkini bisnis ponsel, BlackBerry tampak kewalahan mengejar deru Android.

Google Android memang sukses ‘menjajah’ pasar ponsel dunia. Salah satu vendor yang menangguk sukses dari Android adalah HTC. Pada kuartal pertama 2011, HTC sukses menangguk profit NT$14,83 miliar. Jumlah ini tiga kali lebih tinggi dibanding kuartal tahun sebelumnya.

HTC juga tercatat telah mengapalkan sekitar 9,7 juta unit smartphone ke berbagai negara belahan dunia pada Q1 2011. Dimana hasil ini melonjak 192% ketimbang tahun lalu. Demikian dikutip detikINET dari Boy Genius Report, Senin (4/6/2011).

Hasil positif inilah yang membuat Market Intelligence Center memproyeksi jika HTC akan jadi pengganggu utama bagi BlackBerry di jagad ponsel pintar. Terlebih sang vendor asal Kanada belakangan tengah dihinggapi deretan isu minor. Mulai dari hembusan kabar pemisahan posisi puncak perusahaan, aksi PHK, sampai surat terbuka yang mengaku dari karyawan RM.

Android sendiri diyakini akan terus memperluas kekuasannya di pasar. Dukungan dari multi vendor kian memperkuat OS besutan Google itu. Market Intelligence Center memprediksi dominasi Android bisa mencapai 40% dalam setahun ke depan di segmen smartphone.

Posted in: Blackberry, Ponsel