Platform Sosial BBM Bukan Berarti BBM Untuk iOS Atau Android

Posted on July 5, 2011

0


Minggu kemarin (bukan kemarin seperti kesalahan yang kami lakukan pada posting sebelumnya) RIM mengumumkan ketersediaan kit software pengembangan dari platform sosial BlackBerry Messenger untuk Java. Namun tulisan kali ini bukan untuk membahas hal tersebut, kita bisa membahasnya pada artikel lain. Saya ingin menjelaskan bahwa SDK yang baru dirilis ini bukan berarti apa yang dipikirkan oleh banyak orang.

Dirilisnya SDK platform sosial BBM ini berarti para pengembang aplikasi sekarang dapat memasuki lingkungan BBM yang dimiliki RIM dan memanfaatkan lebih dari 30 juta lebih pengguna BlackBerry Messenger di seluruh dunia. RIM telah menguji SDK ini dalam beberapa waktu ke belakang, namun baru kali ini diluncurkan resmi secara luas. Jika Anda ingin melewatkan penjelasan panjang dari artikel ini dan ingin langsung ke inti penjelasan, Anda bisa langsung menuju ke bagian TL: DR (versi Too Long, Didn’t Read).

Apa yang bukan dimaksud dengan platform sosial

Mari kita bahas ini terlebih dahulu supaya jelas. RIM membuka akses BBM untuk pengembang aplikasi bukan berarti bahwa BBM akan tersedia untuk platform di luar BlackBerry.

Bagi Anda yang mengharapkan untuk menggunakan BBM pada iPhone dan ponsel Android. Anda dapat terus berfantasi karena bagi RIM membuka BBM ke platform lainnya akan sama halnya dengan menikam diri sendiri sambil melompat dari tebing. Yah, mungkin tidak sedramatis itu, namun jika hal ini terjadi, itu sama saja dengan ‘bunuh diri’ bagi RIM.

Dengan kondisi saat ini, dimana Apple dalam persiapan merilis iMessage untuk iOS dan bahkan mungkin OS X, dan Google telah merilis Huddle dengan Google +, pasar untuk BBM sebagai messaging platform semakin berkurang, belum lagi munculnya WhatsApp sebagai perangkat messaging cross-platform.

Kecuali RIM ingin mematikan divisi handset, RIM tidak akan mempromosikan BIS atau BES sebagai alternatif untuk Microsoft Exchange pada perangkat lain. Karena pengguna platform mobile lainnya sudah membayar untuk mendapatkan layanan data standar, kemungkinan mereka bersedia untuk membayar layanan BIS di atas paket data bulanan mereka adalah nol, atau setidaknya mendekati nol. BES di sisi lain masih bisa berpeluang walaupun banyak perusahaan yang termasuk dalam daftar Fortune 500 sudah mengizinkan penggunaan perangkat non-BlackBerry .

Apa yang dimaksud dengan platform sosial

Sampai saat ini, BlackBerry Messenger adalah sebuah aktivitas sosial dalam arti digunakan oleh orang untuk melakukan percakapan satu sama lain, tetapi tidak untuk secara aktif mempromosikan aplikasi dan jasa lainnya. Meskipun memiliki puluhan juta orang sebagai basis penggunanya, bagi developer, tidak ada cara untuk menghubungkan pengguna aplikasi mereka satu dengan yang lain, kecuali mereka mengembangkan platform sosial mereka sendiri.

Facebook misalnya, memahami hal ini jauh sebelum apa yang RIM lakukan dan mendorong para anggotanya untuk saling berbagi semua yang mereka lakukan di Facebook dengan teman-teman mereka, Facebook mempersilahkan pengguna mereka untuk mem-posting kegiatan dan prestasi para pengguna di dinding mereka masing-masing. Pengguna Facebook juga bisa memainkan game tertentu atau mengirim item tertentu, dan semua orang akan tahu tentang hal itu. Hal ini akan membantu memperkenalkan permainan atau item yang yang mungkin tidak pernah terdengar sebelumnya.

Tentunya karena kemampuan berbagi yang dibangun di Facebook, kebanyakan pengguna Facebook sekarang telah mendengar tentang Mafia Wars atau Farmville. Jika tidak karena kemampuan ini, popularitas permainan seperti ini tidak akan sama seperti sekarang dan perusahaan penciptanya, Zynga, tidak akan menjadi sebuah perusahaan yang berpotensi dihargai sebesar $20 milyar di pasar terbuka.

Untuk tingkat yang lebih rendah namun masih signifikan, API dari Twitter juga memungkinkan perusahaan seperti Foursquare dan Instagram untuk menjadi perusahaan yang dikenal banyak orang. Banyak perusahaan berbasis web sekarang menghubungkan layanan mereka ke ekosistem Twitter dan seiring para pengguna membagikan kegiatan mereka di situs dan layanan seperti ini di Twitter, maka perusahaan-perusahaan ini (pihak ketiga) menggunakannya sebagai sarana untuk membantu mempromosikan diri.

Peluncuran SDK platform sosial ini ditujukan untuk membuat BBM sebagai layanan sosial seperti Facebook dan Twitter di mana pengguna menghubungkan aplikasi dan layanan pihak ketiga dan memberitahu teman mereka tentang apa yang mereka lakukan.

Versi TL; DR (Singkat)

Penjelasan secara singkat, Anda mungkin telah terbiasa melihat tombol “Kirim ke Facebook” atau “Kirim ke Twitter” pada permainan, aplikasi, dan layanan lain, mulai sekarang, Anda mungkin akan melihat tombol “Kirim ke BBM”.

Sumber: DailySocial.net