Aplikasi Gratisan di Android Bikin Baterai Jebol

Posted on March 20, 2012

0


Tidak sedikit aplikasi berbayar dan termasuk populer diberikan gratis di platform Android. Di satu sisi ini sangat menguntungkan, tapi ternyata tanpa disadari ada kerugian yang cukup menganggu.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Purdue University dan Microsoft, kebanyakan aplikasi gratisan di Android ternyata membuat baterai di handset cepat habis alias gampang jebol.

Penelitian ini mengambil sampel beberapa aplikasi Android gratisan yang cukup banyak diunduh, seperti Angry Bird dan New Yok Times. Hasilnya, 75% aplikasi ini menyedot baterai karena terlalu sering menjalankan iklan dari pihak ketiga.

Seperti dilansir detikINET dari Phone Arena, Selasa (20/3/2012), selain dibebani iklan, aplikasi gratisan juga menguras baterai untuk mengunggah data dan mencari lokasi pengguna.

Sebagai contoh, saat pengguna memainkan Angry Birds, 45% digunakan untuk menjalankan iklan dari pihak ketiga. Dari 45% tersebut, 15% di antaranya digunakan untuk mencari lokasi pengguna dengan GPS, dan 24% dengan bantuan 3G untuk memunculkan iklan yang sesuai.

Tidak hanya itu, energi banyak terbuang bahkan saat pengguna berselancar menggunakan browser native. Sebab GPS dan 3G menggunakan 16% dan 31% dari total energi di baterai.

Bug alias celah di dalam aplikasi juga turut membuat handset di Android jauh lebih boros. Tim penelitian ini menemukan sebuah bug bernama ‘wakelock’ yang ada di Android Mail dan Facebook App yang juga menguras energi yang tidak sedikit.

Posted in: Uncategorized