Review Tabulet Octa 2: Tablet Multimedia Yang Murah dan Lengkap

Posted on March 26, 2012

0


Tabulet Indonesia meluncurkan tablet Tabulet Octa 2 dengan berbagai fitur-fitur baru dibandingkan dengan Tabulet Octa 1. Fitur-fitur baru itu diantaranya adalah fungsi telepon & sms, Bluetooth dan dukungan resolusi layar 1024 x 768 pixel. Sisanya, hampir semua yang dimiliki Octa 1 ada di Octa 2 ini. Tabulet Octa 2 memang di design untuk memenuhi kebutuhan pasar gadget Indonesia akan tablet PC berkualitas tinggi namun dengan harga tejangkau.

Spesifikasi utama Tabulet Octa 2:

  • Konektivitas GSM / HSDPA
  • Layar 8 inci, 1024×768 pixel
  • Android OS 2.3 Gingerbread
  • Processor ARM Cortex A8 1.0 Ghz
  • Kamera belakang 2MP
  • Kamera depan VGA
  • HDMI Output
  • USB-OTG

Kelengkapan Paket:

  • Device Tabulet Octa 2
  • Charger
  • Kabel data mini USB
  • Headset Stereo
  • USB OTG
  • Buku manual
  • Kartu Garansi

Design
Tabulet Octa 2 memiliki design yang cenderung persegi / kotak. Tablet ini memiliki bodi berbahan plastik yang cukup berkualitas, namun sayang agak sedikit berat. Memiliki layar kapasitif berukuran 8 inci dengan resolusi 1024 x 768 pixel dan perbandingan layar 4 : 3. Di bagian depan dilengkapi dengan tombol sentuh digital sebagai navigasi dan sebuah kamera beresolusi VGA. Sedangkan di bagian belakang terdapat logo Tabulet, kamera beresolusi 2 MP tanpa dukungan flash LED serta  2 buah speaker stereo yang terdapat pada sisi belakang tablet ini. Sekeliling tablet ini dilapisi bantalan karet berwarna hitam untuk membantu keamanan ketika mengalami  benturan ringan. Selain itu terdapat tombol-tombol dan lubang konektivitas seperti tombol power, slot SD card, slot sim card, port charger, port mini usb dan port HDMI yang berada pada sisi kanan tablet pada posisi landscape. Pada sisi bagian atas pada posisi landscape terdapat tombol volume.

User interface
Layar Tabulet Octa 2 cukup bagus karena memiliki resolusi tinggi walaupun tidak terlalu tajam. Notifikasi dapat dibuka dengan cara menyapu status bar ke bawah. Di bagian home screen kita dapat menambahkan widget-widget yang kita suka, mengubah tata letak aplikasi dan juga mengganti wallpaper. Pada bagian drawer aplikasi tersusun berdasarkan abjad dan ikon-ikon aplikasi cukup besar. Sistem operasi yang ditanamkan masih mengandalkan Android OS 2.3 Gingerbread.

Multimedia
Sepertinya Tabulet Octa 2 ini cocok untuk anda yang menyukai tablet dengan kualitas suara yang bagus. Hal ini disebabkan adanya tambahan 2 speaker stereo di bagian belakang tablet sehingga ketika lagu atau video diputar Tabulet Octa 2 mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih ditambah dengan efek bass dan treble yang membuat suara yang dihasilkan cukup memuaskan.

Aplikasi dan Games
Di dalam Tabulet Octa 2 ini ada beberapa aplikasi bawaan yang cukup berguna bagi kita pengguna tablet. Diantaranya adalah iQuran, Alkitab, Document To Go, Opera Mini 5, dan APK Installer. Selain itu kami juga mencoba menginstall game Angry Birds Space, yang merupakan serial terbaru Angry Birds, ke dalam Tabulet Octa 2 dan mencoba memainkannya. Game berjalan dengan baik dan smooth disini. Demikian juga saat memainkan game Air Attack HD. Game berjalan dengan sempurna. Namun ketika bermain nonstop Angry Birds Space, sepertinya prosesor Tabulet sudah mulai berjalan lambat, sehingga beberapa kali akan muncul notifikasi force close aplikasi.

Benchmark

Kamipun melakukan benchmark menggunakan Quadrant, Antutu dan Neocore, dan berikut hasilnya:

   

Browsing, Baterai, dan Memory

Tabulet Octa 2 mempunyai kemampuan browsing yang cukup baik. Kami mencobanya memasuki beberapa website yang menggunakan flash seperti http://www.jeruknipis.com dan browser bawaan tablet ini bisa menampilkannya dengan cepat dan sempurna. Untuk masalah baterai, ternyata Tabulet Octa 2 ini mampu bertahan selama 8 jam pemakaian stand by dengan keadaan email, facebook, twitter dan instant messenger online. Untuk memory, tablet ini juga cukup bisa diandalkan, karena sudah mengusung memory internal 4 GB dan anda bisa menambahkan dengan memory external sampai 32 GB. Cocok untuk anda yang suka menyimpan file atau gambar.

Kesimpulan

Tabulet Octa 2 memang didesain untuk anda yang menyukai multimedia dan berselancar di dunia maya. Untuk bermain game-game yang ringan juga tablet ini masih bisa diandalkan, hanya sayangnya jika diajak bermain nonstop tablet ini agak sedikit panas di bagian belakang. Bentuk desain bagian belakang tablet yang agak cembung menjadikan Tabulet Octa 2 menjadi sedikit tebal, entah ini strategi Tabulet agar suara speaker tetap bisa keluar maksimal pada saat ditaruh di meja atau bukan namun hal ini membuat tablet ini terlihat tebal. Namun jika anda menyukai film dan multimedia, maka Tabulet Octa 2 ini cocok untuk anda.

Posted in: Android