Tips Menghindari Twitter, Facebook atau Email anda di-Hack

Posted on April 18, 2012

0


Tahun lalu di Amerika Serikat terjadi peristiwa heboh dimana akun salah satu media TV Foxnews yang dimiliki oleh Murdoch di hack oleh salah satu hacker grup yang mempunyai aliansi dengan anonymus.

Berita biasa sebenarnya akan tetapi yang dilakukan oleh hacker tersebut sudah bukan hanya menghack akun tetapi memposting beberapa kalimat berhubungan dengan “Hoax news tentang terbunuhnya Presiden Obama di Iowa”.

Tentu saja ini menjadi berita panjang sekali dan mendapatkan headline di Seluruh Amerika dan dunia.

Sudah menjadi rahasia umum kalau Foxnews selalu menampilkan berita berita yang memojokkan Presiden Obama dan dengan tampilan tweet seperti ini tentu saja membuat Foxnews kelabakan.

Tidak perlu dibahas siapa yang melakukan hacking. Yang perlu di ketahui bagaimana caranya menghindari hacking.

Ada beberapa tips menurut beberapa intrusion specialist:

1. Jangan pernah membuka akun Twitter dan Facebook atau forum di komputer kantor.

2. Jangan pernah membuka email pribadi di komputer kantor.

3. Jangan pernah membuka email yang mengandung attachment.

4. Jangan pernah membuka link baik di twitter atau facebook yang diposting oleh orang yang tidak dikenal. Buka link dari browser yang mematikan java script.

5. Gunakan firefox atau safari dengan mematikan java script.

6. Jangan pernah menjawab email dari Bank, finansial institusi yang mengatakan akun bank anda di hack dan anda perlu merubah password. Link di email akan mengirimkan anda ke site dengan domain mirip seperti domain bank anda. Email tersebut dari hacker dan wajib di hapus.

7. Jangan menggunakan windows email dan outlook email yang selalu membuka email html dengan preview. Email dengan script tertentu dapat mendownload keylog ke komputer anda.

8. Jangan pernah menggunakan password software yang memberikan password secara random atau master password untuk membuka semua akses. Software ini menyimpan data data tersebut di dalam komputer kita yang kebanyakan hanya di encrypt dan sangat gampang sekali di hack.

9. Jangan pernah mengakses akun twitter dan facebook di komputer bukan milik sendiri. Buka satu akun di komputer anda yang anda sendiri menggunakannya. Tidak disharing kesiapa saja.

10. Biasakan buka akun twitter dan facebook di mobile apakah itu di Blackberry atau Apple. Kebanyakan script di jalankan di windows based program.

11. Jangan menggunakan email pribadi untuk membuka akun di twitter dan facebook. Contoh: nama anda Joko Sumaryoto. Jangan gunakan email jokosumaryoto@yahoo.com. Karena kalau akun anda di hack. Hacker akan mencari tahu siapa itu joko sumaryoto. Kalau anda kebetulan pejabat atau petinggi negara atau penulis blog terkenal. Hacker akan menelusuri kehidupan anda dan berusaha mengambil alih identitas anda. Sebaiknya gunakan email seperti 1nd0tw1tter@yahoo.com . Kalaupun akun anda di hack. Hacker tidak bisa mengetahui siapa itu indotwitter.

12. Jangan gunakan 1 password untuk semua email anda. Karena kalau satu email di hack bisa jadi seluruh email anda di hack.

13. Jangan gunakan email kantor untuk twitter dan juga facebook.

14. Gunakan nickname anda di internet. Jadi kalau nama anda Joko Sumaryoto, gunakan nama James Swan apabila anda menggunakan internet.

15. Catat password anda di notepad. Save di komputer anda. Zip dengan kombinasi password yang anda tahu. Simpan di dalam satu folder yang hanya anda yang tahu di dalam windows area. Rename folder tersebut dengan nama dimulai dari _ atau garis bawah. Contoh: _jwindow.

16. Gunakan cara copy and paste apabila anda memasukkan password password anda. Cara ini paling aman apabila komputer anda mempunyai worm/trojans. Worm/keylog tidak bisa melog apa yang anda lakukan. Worm/keylog hanya bisa melihat anda mengunjungi twitter.com tetapi dia tidak bisa melihat apa username dan password yang anda gunakan.

17. Jangan pernah membagikan informasi anda kepada siapapun di internet. Informasi ini dapat menjadi bumerang apabila di kemudian hari mereka sudah tidak menjadi teman lagi.

18. Jangan pernah memperbaiki komputer anda di tempat reparasi dipinggir jalan. Bukan hanya komputer anda bisa di kompromi akan tetapi juga identitas anda. Mungkin nama anda apabila anda mempunyai foto seronok di dalamnya. Ini juga termasuk dengan selular anda.

19. Apabila anda mendapatkan komputer baru. Simpan dan jangan jual komputer lama. Beberapa komputer masih menyimpan cache file yang bisa di screen dengan menggunakan beberapa software. Semua yang anda lakukan di komputer tersebut bisa dilihat. Termasuk foto foto atau file file penting anda.

20. Cari teman sebanyak banyaknya dengan tetap merahasiakan identitas pribadi anda. Jangan pernah demikian percaya dengan teman yang baru anda kenal di internet, chatroom, forum, mailing list dan lain lain.

Sumber: jakartaad

Posted in: Social Network, Tips