10 Rahasia iPhone yang Patut Kamu Ketahui

Posted on January 24, 2015

0


Apple yang merupakan produsen asal negara Amerika terkenal dengan produk yang sangat brilliant karena kemampuan yang ada pada setiap fiturnya boleh dibilang sempurna. Dan melalui iPhone, produk yang telah dirancang oleh pembuatnya yaitu Steve Jobs bisa menjadi nahkoda dalam perkembangan dunia Smartphone di dunia.

Namun sayangnya banyak para pemakai iPhone tidak menyadari bahwa kemampuan yang dirancang pada iPhone dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi.
Apa saja kemampuan yang tersembunyi pada iPhone? Ini penjelasannya.

1. Mampu menutup tiga aplikasi sekaligus, bagaimana caranya?

Kamu perlu menutup aplikasi secara cepat? Pada iPhone kamu dapat menutup tiga Aplikasi sekaligus hanya dengan menggeser ketiga aplikasi tersebut dengan tiga jari. Bentuknya seperti kamu sedang mencakar iPhonenya maka tiga aplikasi langsung menutup.

2. Bisa dengan cepat mematikan lampu flash

Salah satu fitur menarik adalah iOS Control Center yang bisa mengakses ke lampu flash. Setelah dinyalakan, maka kamu juga dapat dengan cepat mematikan lampu flash tersebut dengan menggunakan shortcut kamera dari fitur lock-screen.

3. Fitur levelling

Di dalam sistem operasi iOS terdapat alat levelling yang menggunakan giroskop untuk membantu kamu mengetahui apakah sebuah benda berada dalam sudut sempurna pada keadaan horizontal atau vertikal. Dan untuk menggunakanya, kamu dapat memulainya dengan menjalankan fitur Compass, kemudian geserlah ke kanan untuk mengungkapkan level tersebut.

4. Mau pakai huruf Bold, Miring (Italic), dan Garis bawah (Underline) dengan gampang

Untuk beberapa aplikasi seperti email, kamu sering kali ingin menggunakan format untuk membuat teks tebal, miring atau bergaris bawah dengan mudah. Namun terkadang susah karena tidak tahu bagaimana caranya. Sebenarnya sangatlah gampang cukup dengan menyorot teks yang ingin kamu edit, lalu tekan tanda panah di bagian copy/paste dan pilih “B I U” untuk menggunakan format yang ingin kamu pakai.

5. Mau memakai fitur “Go back” dengan cepat

Tidak sama kayak perangkat Android, iPhone tidak memiliki tombol untuk “back”. Di dalam Message, Mail dan bahkan Safari cukup dengan menggeser ke kanan dari tepi layar dan kamu sudah dapat kembali ke jendela sebelumnya. Cara ini bahkan bekerja di beberapa aplikasi third-party seperti Instagram.

6. Kustomisasi vibration alerts

Mungkin kamu ingin mempunyai notifikasi getar (vibrate) yang khusus untuk teman tertentu jika ia menelpon ke iPhone kamu. Di iPhone, kamu dapat membuat pola getaran secara kustom untuk kontak telepon teman kamu. Caranya adalah dengan mengakses Contact, lalu pilih kontak telepon mana yang ingin kamu kustomisasi kemudian tekan ‘Edit’ di sudut kanan atas. Lalu scroll layar ke bawah dan arahkan ke Vibration > Create New Vibration. Pada layar interaktif, tekan dan tahan untuk membuat pola getarannya, dan tekan yang lama untuk membuat getaran yang panjang.

7. Kunci fokus dan eksposur pada kamera

Saat kamera aktif, kamu dapat menekan layar untuk mengatur fokus dan eksposur untuk objek tersebut. Tapi saat kamera bergerak, pengaturan ini akan hilang. Untuk mengunci fokus dan eksposur, tekan dan tahan sampai kamu melihat bar kuning muncul dibagian atas layar. Hal ini dapat mengunci fokus dan eksposur, bahkan jika kamu mengubah komposisi dan fokus, maka eksposur tidak akan terpengaruh.

8. Menghemat penggunaan data internet

Pada iOS 7 terdapat fitur pengelolaan data seluler. Dengan fitur ini, kamu dapat memutuskan mana aplikasi yang bisa menggunakan data selular dan aplikasi yang dapat digunakan jika hanya tersedia jaringan Wi-Fi. Cara melakukan pengaturannya adalah dengan masuk ke menu Settings > Cellular > pilih aplikasi untuk menonaktifkan penggunaan data seluler.

9. Mengetahui aplikasi favorit di suatu wilayah

Bila kamu bepergian ke suatu tempat, iPhone memungkinkan kamu untuk mengetahui aplikasi apa yang disukai oleh para pengguna di wilayah tersebut. Untuk melihat aplikasi apa yang digemari oleh pengguna setempat, kamu bisa masuk ke App Store, lalu di bagian bawah pilih ‘Near Me’.

10. Gunakan iMessage di luar negeri

Ketika kamu berada di dalam pesawat dan terkoneksi Wi-Fi dimana kamu tidak mempunyai paket data, kamu masih bisa mengirim pesan teks ke teman-teman kamu menggunakan iPhone. Caranya adalah dengan pergi ke Setting > Message > lalu pastikan ‘Send as SMS’ dinonaktifkan dan iMessage diaktifkan.

(jeruknipis)

Posted in: iOS, Tips