3 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menjual iPhone

Posted on January 24, 2015

0


Ada kalanya kamu ingin menjual perangkat iOS kesayanganmu, bisa dengan alasan ingin upgrade ke versi terbaru atau sedang memerlukan dana mendadak. Apalagi iPhone 5S dan 5C sudah diluncurkan di Indonesia secara resmi, siapa yang tidak tergoda untuk membelinya?

Tapi sebelum menjual perangkat iOS milikmu, sebaiknya simak hal-hal di bawah ini yang patut kamu lakukan untuk ketenangan di masa mendatang:

1. Backup

Hubungkan perangkat iOS via kabel data ke komputer yang sudah terinstal iTunes. Lakukan backup agar kamu tidak kehilangan data-data penting seperti aplikasi, SMS, foto, pengaturan, bahkan saved games. Dengan cara ini nantinya kamu kamu bisa menggunakan setting di iPhone lama ke iPhone yang baru dengan metode Restore From Backup.

2. Matikan Find My iPhone

Caranya adalah buka aplikasi Settings – iCloud – Find My iPhone – off.
Hal ini harus dilakukan terlebih dahulu terutama untuk device dengan iOS 7. Hal ini untuk menghindari perangkat iOS meminta password iCloud untuk aktivasi setelah kita melakukan reset dengan cara Restore atau Erase All Content and Settings. Fitur keamanan ini dikenal dengan nama iCloud Activation Lock.

3. Hapus Data dan Setting yang Ada di iPhone

Untuk melakukan hal ini kamu harus masuk ke aplikasi Settings – General – Reset – Erase All Content and Settings. Hal ini akan menghapus semua data di perangkat iOS kamu dan mematikan iCloud, iMessage FaceTime dan Game Center. Untuk kamu yang melakukan Jailbreak, jangan gunakan fitur ini karena perangkat iOS kamu akan stuck di logo Apple.
Kamu juga harus melakukan restore menggunakan file .ipsw terbaru untuk perangkat iOS kamu. Atau bisa juga dengan cara hubungkan perangkat iOS kamu ke komputer lalu buka iTunes, tekan tombol Restore. Pastikan komputer kamu terhubung dengan internet.
Apabila kamu lupa melakukan hal diatas dan perangkat iOS kamu sudah terjual, berikut ini cara untuk menghapus data di perangkat iOS dari jarak jauh:
-Mintalah kepada sang pembeli untuk mengaktifkan internet pada perangkat tersebut agar kamu bisa menghapus data-data dari jauh menggunakan Find My iPhone.
-Login ke akun iCloud kamu dari laman ini menggunakan komputer, pilih perangkat iOS yang mau kamu hapus lalu tekan Erase. Setelah itu pilih Remove from Account untuk menghapus perangkat tersebut dari list daftar perangkat yang terhubung dengan iCloud kamu.
Fitur keamanan iCloud Activation Lock pada iOS 7 memang memberikan keamanan yang lebih baik. Bagi kamu yang ingin membeli perangkat iOS bekas pakai, mintalah kepada sang penjual untuk melakukan hal-hal diatas supaya kamu tidak perlu menghadapi iCloud Activation Lock.

(JerukNipis)

Posted in: iOS, Tips