Tips Cara Memilih Powerbank dengan Cerdas

Posted on January 24, 2015

0


Kegunaan powerbank sekarang ini menjadi barang yang wajib dibawa oleh setiap pengguna smartphone, penjualan untuk powerbank sendiri sekarang ini seperti kacang goreng. Beragam merk ada di semua pasar dengan beragam kapasitas, maraknya penjualan powerbank membuat sebagian oknum mulai bermain curang dalam memproduksi produk powerbank.

Permasalahan yang sering terjadi adalah masalah kapasitas karena para pembeli tidak bisa mengukur kapasitas dengan telanjang mata harus melalui alat ukur untuk melihat kapasitas powerbank. Kecurangan dalam kapasitas memang sulit, banyak yang menulis kapasitas 10.400 mAh namun di dalamnya hanya berisi 5000 mAh. Selain itu banyak merk terkenal juga dipalsukan sehingga membuat kita harus mawas diri dalam memilih Powerbank.

Maka dari itu kami memberikan informasi yang bisa dipakai untuk panduan membeli powerbank, antara lain:

Belilah powerbank dengan merek yang kamu sudah kenal dan punya reputasi baik di bidang baterai atau peralatan listrik/elektronik. Dan untuk merek-merek yang tidak kamu kenal, coba tanya kepada rekan atau liat komentar tentang produk ini di sosial media atau forum. Biasanya opini yang mereka berikan adalah hasil dari pemakaian sehingga lebih tepat. ?
Sebisa mungkin beli powerbank di tempat yang memang authorized dari merek tersebut. Atau setidaknya mendapat jaminan dari penjualnya.

Biasanya powerbank yang baik mencantumkan baterai apa yang digunakan di dalamnya, dan merek baterai yang digunakan biasanya merek-merek bagus dibuat pabrikan besar seperti Samsung, Sanyo dll.

Powerbank yang bagus, mau memberikan garansi kepada pembeli minimal 6 bulan atau ada juga yang memberikan garansi 1 tahun. Tanyakan kepastian kalau klaim garansi harus ke mana.

Untuk masalah harga, jangan termakan dengan promosi harga murah sebab ini biasanya malah membuat para pembeli terkecoh dengan barang yang palsu. Harga standar di pasaran powerbank dengan kapasitas 10.400 mAh rata-rata Rp 400 ribu. Ketika ada powerbank dengan kapasitas yang sama tetapi berharga hanya setengahnya maka berhati-hatilah, mungkin kapasitasnya tidak benar dan mungkin juga sistem keamanannya tidak terjamin.

Untuk berat powerbank bukan barang dengan bobot ringan karena kebanyakan orang ingin powerbank sekecil mungkin tapi dengan kapasitas sebesar mungkin. Rata-rata powerbank dengan kapasitas 10.400 mAh ukurannya pasti besar dan berat, namun jika ada powerbank dengan kapasitas sama yang ukurannya menjadi setengahnya dan lebih ringan jauh maka patut dicurigai keasliannya. Baterai itu seperti botol air. Untuk kapasitas air yang lebih banyak maka botolnya harus lebih besar.
Penggunaan baterai Lithium Polymer bisa membuat powerbank lebih tipis, tetapi tidak sampai terlalu jauh ukurannya dari segi fisik. Bahkan untuk mengelabui pembeli, seringkali ada powerbank yang isi baterainya sedikit, tetapi bobotnya besar dan berat karena diisi oleh pasir.

(jeruknipis)

Posted in: Tips