3 Tips Memaksimalkan Battery Life Smartphone

Posted on January 25, 2015

0


Sering mengeluh battery life smartphone milik Anda cepat habis? Borosnya battery life smartphone memang masih menjadi masalah serius yang belum terpecahkan hingga saat ini. Jika battery life smartphone milik Anda cepat habis, Anda mungkin bisa mencoba tiga tips untuk memaksimalkan battery life berikut ini.

1. Menurunkan tingkat kecerahan layar
Konsumsi battery life paling besar smartphone adalah di bagian layar. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin banyak battery life yang dikonsumsi. Jadi tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan battery life adalah menurunkan tingkat kecerahan layar. Jika ingin battery life lebih tahan lama, Anda bisa menonaktifkan konektivitas WiFi dan Bluetooth.

Sejumlah smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy S5 memiliki dukungan fitur Ultra Power Saving Mode, yang berguna untuk memaksimalkan battery life dengan cara mengubah tampilan layar menjadi berwarna greyscale. Dengan mengaktifkan Ultra Power Saving Mode, Wifi, Bluetooth dan berbagai aplikasi di Samsung Galaxy S5 tapi pengguna masih dapat mengirim pesan, melakukan panggilan dan merekam video serta browsing.

2. Hindari suhu ekstrim
Seperti manusia, baterai juga tidak dapat bekerja secara maksimal pada suhu ekstrim. Jadi jangan menaruh smartphone di bawah terik sinar matahari atau meninggalkannya di dalam mobil pada siang hari saat musim kemarau. Hindari juga menaruh smartphone di tempat-tempat dingin dan lembab.

3. Melatih baterai
Bukan hanya Anda yang membutuh latihan atau olah raga rutin untuk menjaga stamina tapi baterai juga perlu latihan rutin agar dapat bekerja maksimal. Untuk memaksimalkan battery life Anda bisa memberikan latihan rutin pada baterai smartphone. Caranya, kuras battery life hingga smartphone tidak bisa menyala lagi, lalu charge hingga penuh dan gunakan seperti biasa. Cara ini bisa Anda lakukan sebulan sekali.

(gopego)

Posted in: Tips