Cara Menjalankan Windows 10 di Mac, Gratis

Posted on January 25, 2015

0


Melalui metode virtualisasi ataupun Boot Camp, Mac mampu menjalankan software Windows. Kemampuan inilah yang bisa jadi turut meningkatkan penjualan komputer Apple akhir-akhir ini.

Saat Mac menjalankan Windows OS maka Anda akan bisa memainkan berbagai games PC yang sebelumnya tidak bisa Anda mainkan di Mac. Selain itu Anda juga akan bisa mengakses dan mengedit seluruh dokumen yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di PC Windows.

Software virtualisasi seperti Paralles ataupun VMWare Fusion tentu saja tidak bisa didapatkan gratis, meskioun Anda bisa menggunakan free-trial. Untuk versi Windows 8.1, Anda perlu mengeluarkan dana $120 agar bisa menjalankannya di Mac.

Jika tidak ingin mengeluarkan banyak uang, Anda bisa langsung mencoba Windows 10 yang merupakan OS PC terbaru dari Microsoft. Anda bahkan bisa mencoba Windows 10 di Mac secara cuma-cuma alias gratis.

Langkah pertama untuk bisa menjalankan Windows 10 di Mac adalah install VitualBox buatan Oracle. Software ini bisa bekerja sebagus Parallels dan VMWare Fusion.

1. Silakan buka situs VirtualBox, klik link Download di sisi kiri. Pilih versi terbaru.

2. Install VirtualBox yang telah terdownload

3. Download Windows 10 gratis
Untuk bisa mendapatkan copy Windows 10 secara gratis, Anda perlu signup menggunakan akun Microsoft (atau buat baru) di Windows Insider Program.

Setelah signup, Anda akan bisa download file ISO yang fungsinya seperti software di dalam CD. Download versi 64-bit. Saat diminta memindah file ke USB drive lalu install dari sana, Anda tidak perlu melakukannya karena bisa langsung install dari hard drive Mac.

4. Jalankan VirtualBox
Klik tombol bintang New berwarna biru di bagian atas. Anda diminta sebuah nama dan memilih Windows Type dan Windows 8.1 (64 bit) dari menu drop-down. Namai saja Windows 10, atau lainnya.

5. Install virtual disk di virtual hard drive
Selanjutnya Anda perlu memilih ukuran virtual hard drive. Anda bisa memilih default (2GB) atau besarkan sesuai kebutuhan dengan cara menarik slider ke sisi kanan. Perlu diperhatikan jangan sampai slider menyentuh zona kuning atau merah.

VirtualBox selanjutnya akan membuat virtual hard drive menggunakan default setting. Klik Create. Tentukan ukuran hard drive (default 25GB), klik Create.

Klik panah hijauh Start, klik ikon folder berukuran kecil untuk memilih file ISO yang sebelumnya telah Anda download. Akan diberikan opsi untuk Capture mouse dan selanjutnya OS X telah mengijinkan integrasi mouse. Klik tombol Continue.

6. Install Windows 10
Setelah klik tombol Next di Windows setup, klik Install Now, accept license terms. Jika Anda tidak memindah file ISo ke USB drive maka Anda bisa langsung memilih opsi kedua: Custom Install. Klik Next saat anda melihat Disk 0 Unallocated Space screen, klik untuk membaca seluruh prompt instalasi.

Setelah install Windows 10 selesai dilakukan Anda akan bisa menjalankan Windows 10 di Mac. Berani mencoba?

(gopego)

Posted in: PC dan Laptop, Tips