5 Custom ROM Alternatif Untuk Android Kamu

Posted on February 4, 2015

0


Bagi mereka yang gemar utak-atik Android, pasti pernah mencoba sejumlah ROM alternatif di aksi custom ROM. Adalah sebuah firmware alternatif sebagai pengganti firmware bawaan ponsel Android yang dikembangkan oleh developer pihak ketiga. Dan berikut 5 custom ROM alternatif yang bisa dicoba.

1. CyanogenMod

Mengapa memilih custom ROM ini? CyanogenMod dikenal karena stabil dan menawarkan kecepatan update yang diberikan oleh pengembangnya. Patut diketahui pola jika CyanogenMod dipercaya untuk membuat sistem operasi alternatif bagi produsen OnePlus.

2. MIUI

Custom ROM yang satu ini dikenal memiliki desain yang cukup indah. Sering dibandingkan dengan desain OS milik Apple, iOS, MIUI juga dikenal pula sebagai custom ROM yang cukup berat dan “memakan” memori RAM. Bahkan, konsumsi RAM hampir sama dengan skin Touchwiz Samsung.

3. SlimRoms

Custom ROM yang satu ini tawarkan konsumsi RAM sekecil mungkin. Ini berbanding terbalik dengan MIUI. Hal itu bisa terjadi sebab berkat perampingan sistem operasi Android dengan menghapus beberapa fitur yang memperberat sistem tanpa mengorbankan kestabilan OS tersebut.

4. Paranoid Android

Berusaha memberikan tampilan yang menyerupai Android original namun ditambahkan fitur-fitur lanjutan. Bagi mereka yang memang selalu ingin mencoba hal-hal yang baru di perangkat Android, Paranoid Android adalah salah satu costumROM yang sangat disarankan.

5. AOKP

Singkatan dari Android Open Kang Project, AOKP menawarkan fitur yang melimpah. Dipenuhi dengan fitur standar dan “kosmetik,” salah satu fitur menarik yang jadi unggulan yakni tap to wake. Anda cukup mengetuk layar untuk “membangunkan” ponsel dalam mode sleep. Ini seperti apa yang dimiliki LG G3 dan OnePlus One.

(sidomi)

Posted in: Uncategorized