Review: Asus Fonepad 8

Posted on February 12, 2015

0


Asus Fonepad 8 merupakan tablet yang diciptakan oleh Asus untuk kalangan menengah ke bawah. Walaupun memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan tablet lainnya, namun Asus Fonepad 8 tetap bisa menjadi tablet cukup handal, baik dari segi desain maupun spesifikasi.

Sesuai dengan namanya, Asus Fonepad 8 merupakan tablet yang memiliki ukuran 8 inci. Yang unik dari asus fonepad 8 adalah perangkat ini memadukan antara fungsi sebuah tablet dan smartphone dimana tablet 8 inci ini memiliki fitur dual SIM dengan konektivitas 3G, yang mampu melakukan panggilan telepon dan SMS.

Asus Fonepad 8 ditenagai oleh prosesor quad core Intel Atom Z3530 64 bit, berkecepatan 1,33GHz, GPU PowerVR Series 6, penyimpanan internal 16GB dan RAM sebesar 2GB. Di banderol dengan harga Rp 2.699.000, Asus Fonepad 8 menjadi sebuah tablet yang sangat menggiurkan di segmen tablet kelas menengah.

ISI DUS

  • Tablet ASUS Fonepad 8
  • Kepala charger
  • Kabel data
  • Buku panduan
  • Kartu garansi (Jika beli resmi di Indonesia)

ASUS FONEPAD 8

DESAIN BERKUALITAS

Asus Fonepad 8 memiliki material bodi yang terbuat dari plastik berkualitas. Terdapat empat warna yang dapat kamu pilih, yaitu Black, Gold, Red dan White.

Hadir dengan ketebalan 8,9 mm dan berat 328 gram, tablet ini memang cukup ramping dan ringan serta mudah untuk dibawa. Meskipun material bodi terbuat dari plastik, namun bahannya sangat baik dan terasa begitu solid, cukup nyaman untuk digenggam walau dengan satu tangan. 

Konsep desainnya tablet ini mewarisi ciri khas pendahulunya, yakni lubang speaker terdapat di bagian muka, sisi atas dan bawah. Speaker atas berfungsi pula sebagai earpiece dan terdapat sensor cahaya dan kamera depan sebesar 2MP. Bagian belakang terdapat kamera utama 5MP tanpa ditemani flash.

Pada bagian atas terdapat Port audio jack 3.5 mm dan port micro USB. Sementara pada bagian bawah hanya terdapat mic. Sedangkan tombol power dan pengatur volume terdapat di sisi kiri bodi. Dan di sisi kanan terdapat dua slot micro SIM dan MicroSD.

ASUS Fonepad 8 menggunakan layar 8 inci dengan resolusi 1280 x 800 yang memiliki kerapatan piksel sekitar 189 ppi. Layarnya sudah menggunakan teknologi IPS yang memberikan sudut penglihatan lebih luas.

Secara keseluruhan tampilan layar asus fonepad 8 cukup cemerlang untuk mengakomodasi hiburan, seperti menonton film, melihat foto atau bermain game.

ASUS FONEPAD 8 ASUS FONEPAD 8 ASUS FONEPAD 8 ASUS FONEPAD 8 ASUS FONEPAD 8 ASUS FONEPAD 8 ASUS FONEPAD 8

PENUH FITUR

Mengusung sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, asus Fonepad 8 menyuguhkan antarmuka ZenUI yang memiliki banyak fitur.

Di area lockscreen terdapat informasi, seperti waktu, tanggal, weather, tiga buah akses cepat ke kamera, panggilan dan pesan. Terdapat pula informasi dari fitur andalan ASUS, What’s Next. Tidak lupa di bagian bawah, terdapat akses menuju Google Now.

Masuk ke homescreen, secara default Terdapat tiga halaman yang dapat Anda tambah hingga tujuh halaman. Bagian dock, terdapat enam shortcut aplikasi, yang dapat diubah komposisinya.

Untuk menampilkan pengaturan homescreen, cukup tahan layar di area homescreen yang kosong, maka akan muncul pilihan untuk menambah aplikasi, widget, mengedit halaman, dan mengubah wallpaper.

Memasuki halaman menu, Terdapat dua bagian utama, yakni aplikasi dan widget. Terdapat pula search, untuk memudahkan pengguna mencari aplikasi atau widget dengan lebih mudah. Di bagian bawah terdapat Menu aplikasi yang terdiri dari all, downloaded, dan frequent.

Untuk menampilkan bar notifikasi, kamu dapat swipe ke bawah dari bagian atas layar menggunakan satu jari di area kiri, sedangkan di area kanan akan menampilkan quick setting. Jika mengusap menggunakan dua jari di arena kanan atau pun kiri tetap akan muncul quick setting yang akan mempermudah pengaturan dengan cepat.

ASUS FONEPAD 8

ASUS FONEPAD 8

ASUS FONEPAD 8

ASUS FONEPAD 8

FITUR KAMERA CUKUP LENGKAP

ASUS menyematkan kamera utama 5 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel dengan teknologi PixelMaster. PixelMaster adalah teknologi ASUS yang menggabungkan software, hardware dan desain optik untuk memberikan kualitas gambar lebih baik.

Sayangnya kamera utama tidak dilengkapi dengan flash, sehingga kurang cocok digunakan di tempat yang kurang cahaya atau pada malam hari.

Namun banyaknya fitur yang lengkap dapat menutupi salah satu kekurangan dari Fonepad 8, terdapat mode Auto, Time rewind, HDR, Panorama, Night, Selfie, Beautitication, Miniature, Depth of field, Smart remove, All smiles, dan GIF animation.

ASUS FONEPAD 8

Multimedia

ASUS mempercayakan urusan multimedia menggunakan aplikasi Gallery buatan mereka sendiri, untuk tampilan galeri terlihat lebih menarik, karena folder utama mampu menampilkan preview.

Untuk menikmati lagu, Kamu dapat menggunakan pemutar musik bawaan yang sudah dilengkapi pula dengan setting equalizer, bass booster dan efek 3D.

Untuk memutar video tidak terdapat aplikasi video khusus bawaan Fonepad 8. Jadi untuk menonton video harus melalui galeri. Fitur pemutar videonya pun hanya basic. namun Fonepad 8 ini mampu memutar video 720p atau pun 1080p dengan format .mkv dengan lancar tanpa tersendat atau lag.

Oya, asus Fonepad 8 tidak disertai dengan earphone dalam paket penjualannya.

Screenshot_2015-02-12-08-29-46 Screenshot_2015-02-12-08-30-02

Benchmark

  • Antutu: 34.058 poin
  • Quadrant Standard: 13.329 poin
  • Nenamark 2: 60,6 fps
  • Multitouch Tester: 10
  • HTML5test.com: 404 dari 555 poin

Screenshot_2015-02-06-00-57-33

 

Screenshot_2015-02-09-23-08-43 Screenshot_2015-02-09-23-09-43

Daya Tahan Baterai

Asus Fonepad 8 dibekali baterai Non-removable tipe Li-Po (15.2 Wh) yang kemungkinan sekitar 4000 mAh. Tablet ini dapat bertahan 12 jam dalam penggunaan normal. Terdapat juga aplikasi Power Saver yang memiliki tiga pilihan pengaturan baterai, Ultra Saving Mode, Optimized Mode, dan Customized Mode.

Kesimpulan

Berbekal prosesor Intel Atom Z3530 64 bit, Quad-core 1.33 GHz, GPU PowerVR Series 6 dan RAM 2GB Fonepad 8 memiliki performa yang minim jeda. Tablet ini juga memiliki ruang simpan sebesar 16GB dan slot microSD up to 64 GB. Kamu juga dapat menikmati 5GB free lifetime Asus Webstorage. Dengan harga jual 2,6 juta rupiah, Fonepad 8 membawa segudang aplikasi dan fungsi yang cukup mumpuni.

Kelebihan

  • Prosesor Intel 64 bit quad core 1.33GHz
  • Dual micro SIM
  • Memori internal cukup besar 16GB
  • Layar 8 inci ukuran yang pas
  • Output Audio bertenaga

Spesifikasi Asus Fonepad 8

Prosesor Intel Moorefield Z3530 with GPU IMG Series 6 –6430
Kecepatan Prosessor Quad-core 1.3GHz
Ukuran Layar 8 inch
Tipe Layar IPS
Resolusi Layar IPS LCD capacitive touchscreen
Kedalaman Warna 16M colors
Memori Internal 16GB Storage, 2GB RAM
Kamera
  • Primary: 5MP
  • Secondary: 2MP
Konektifitas
  • Wi-Fi 802.11b/g/n
  • Bluetooth v4.0
Tipe Baterai Li-Polymer
Kapasitas Baterai 4000mAh
Model SIM Card Dual SIM
Sistem Operasi Android 4.4 Kit Kat
Berat 310 g
Lain-lain
  • GPS
  • Network: 3G + Call
Posted in: Android, Gadget