Tips Mengembalikan Foto Yang Hilang di Smartphone

Posted on March 3, 2015

0


Saya pengguna Android v4.3 yang punya masalah denga smartphone saya ini. Ada beberapa file gambar dan video yang tiba-tiba tidak muncul di galeri dan juga beberapa file musik tidak semua muncul di player bawaan, namun file-nya sendiri masih ada ketika di akses menggunakan aplikasi file manager. Bagaimana sih cara ampuh agar file-file tersebut bisa tampil lagi seperti semula? (Wayan)

Jawaban:

Terkadang file tersebut sebenarnya memang masih ada, hanya ada kemungkinan memory card anda disusupi virus dari PC. Virusnya sendiri tidak berpengaruh terhadap system Androidnya, hanya mempengaruhi isi konten memory card.

Kebanyakan virus yang membuat isi memory card tidak terbaca, sebenarnya merubah atribut file saja sehingga terlihat seperti shortcut. Jika sudah terkena perubahan ini, bisa dicoba mengembalikan file dengan cara ini:

Run CMD (di Windows) dengan meng-klik start button dan ketik cmd. Ketikkan perintah ini: attrib -h -r -s /s /d f:\*.* dan tekan Enter.

(Huruf f di baris terakhir perintah tersebut adalah drive dimana memory card anda terbaca. Jika memory card ada di drive G , ganti dengan g)

Kalau file-file sudah kembali, coba jalankan scan antivirus dari komputer ke drive tersebut.

Jika banyak data penting di memory card, ada baiknya secara berkala di backup ke komputer atau ke cloud. Kalau ternyata masalahnya bukan virus, bisa dicoba juga, mengcopy isinya ke PC (yang sudah diyakini tidak mengandung virus), format ulang memory card, dan restore kembali isinya.

Hal ini bisa juga terjadi karena kualitas memory cardnya sendiri, atau konten yg tidak terbaca tersebut, proses peng-copyannya sendiri kurang sempurna atau corrupt.

(Detik)

Posted in: Uncategorized