5 Kemampuan Rahasia iPhone yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Posted on March 17, 2015

0




Anda pengguna iPhone? Jika benar maka pastinya Anda telah mencoba berbagai fitur iPhone. Meski begitu, bisa jadi Anda melewatkan 5 fitur rahasia yang akan kami bahas. Ya, iPhone dibuat dengan ratusan kemampuan yang barangkali belum Anda ketahui semuanya. Langsung saja simak penjelasannya berikut.


1. Blokir nomor dan Mute conversations
Jika Anda menjadi bagian dari sebuah grup chatting yang isinya belasan bahkan puluhan orang, bisa jadi Anda akan sangat merasa terganggu dengan notifikasi yang kerap muncul. Di sisi lain, Anda tidak ingin meninggalkan grup chatting tersebut karena merasa tidak enak hati dengan kawan-kawan Anda. Jangan khawatir karena iPhone selalu memiliki opsi yang bisa Anda pilih sebagai jalan keluarnya.

Untuk memblokir mereka yang hobi mengirim broadcast spam, baik di iMessage ataupun pesan lainnya, cukup buka conversation yang dimaksud lalu tap Detail yang ada di pojok-kanan atas. Selanjutnya tap huruf ‘i’ yang terletak di sebelah nomor ponsel, klik ‘Block This Caller’ yang ada di bagian bawah screen.

Untuk chatting lain yang ingin Anda mute tetapi tanpa memblokir si pengirim pesan, gunakan opsi Details di sisi pojok-kanan atas sebuah chat, tap slider ke ‘Do Not Disturb’ atau ke arah kanan.

2. Gesture Control menggunakan gerak kepala
Tahukah Anda bahwa iPhone bisa Anda kendalikan menggunakan gerakan kepala? Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, silakan buka General > Accessibility > Swith Control.  Tap Switches untuk menambahkan sebuah switch baru. Gunakan source Camera, lalu pilih Left Head Movement dan setting System untuk Siri. Dengan kata lain, gerak kamera Anda akan dibaca oleh kamera depan, saat menggerakkan kepala ke kiri maka Siri akan muncul.

Tap back, lalu tap Switch Control ke arah ON. Akan bisa Anda lihat persegi berwarna biru tengah scanning item di screen. Geakkan kepala Anda ke kiri, Siri akan terbuka.

3. Membantu Siri mengucapkan Nama dengan benar
Ketika Anda ingin mendapatkan informasi tanpa mengetik, Siri adalah opsi terbaik yang bisa Anda pakai. Sayangnya, Siri terkadang mengalami masalah saat mengeja nama Anda. Selain itu, seringkali pula Siri tidak bisa mengeja nama dengan benar.

Apple telah memberikan solusi untku masalah tersebut. Saat Siri bermasalah pada pengejaan nama, balas dengan ucapan ‘you didn’t pronounce my name correctly.’ Selanjutnya Siri akan meminta Anda mengucapkan ejaan yang benar. Ejaan tersebut akan disimpan oleh Siri dan akan dipakai dalam pencarian selanjutnya.

4. Menunjukkan tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi
Jika Anda tidak disable fitur location maka iPhone akan mampu melacak kemana saja Anda pergi dan menyimpan data lokasinya. Informasi tersebut akan dipakai iPhone sebagai experience personalization sehingga memudahkan Anda mengakses berbagai layanan yang Anda butuhkan di kemudian hari.

Fitur ini memang menuai protes bagi mereka yang peduli terhadap privasi. Kini ketika Anda baru menyadarinya, silakan matikan fitur ini. Di luar itu, Anda bisa melihat-lihat tempat mana saja yang telah Anda kunjungi sejak memiliki iPhone. Buka Settings > Privacy > Location Services > System Services > Frequent Locations.

5. Gunakan tombol fisik untuk shutter kamera
iPhone dilengkapi sebuah tombol fisik untuk memotret ataupun merekam video. Di mana letaknya?

Jika biasanya Anda harus menggunakan tombol virtual yang ada di dalam aplikasi kamera bawaan iOS, kini Anda bisa lebih nyaman dengan penggunaan tombol fisik untuk memotret. Gunakan saja tombol fisik volume yang ada disi sisi samping iPhone. Dengan cara tersebut memotret menggunakan kamera iPhone akan terasa seperti memakai kamera pocket ataupun SLR 

(Gopego)

Posted in: Uncategorized