4 Hal Ini yang Tidak Boleh Kamu Posting di Facebook

Posted on March 18, 2015

0




Aktif di jejaring sosial boleh saja, karena platform tersebut memang dibuat khusus untuk penggunanya mengekspresikan buah pikirannya. Namun meski bebas, ada norma-norma tertentu dari masyarakat yang mengharuskan kamu tidak mempublikasikan pikiran tersebut.

Sayangnya norma sosial itu sifatnya tidak tertulis, hanya bisa kamu rasakan akibatnya secara psikis, atau bisa juga berujung penjara. Mengutip dari Time, Senin (16/3/2015), empat hal ini yang sebaiknya kamu hindari diposting di timeline akun Facebook kamu. Apa saja?

Ketelanjangan 

Ya, rasanya sampai zaman ini masih saja sulit mendefinisinan ketelanjangan itu, terutama hal gambar. Misalnya jika ada pengguna atau perusahaan memposting gambar alat kelamin, bokong, atau payudara secara eksplisit tanpa sensor sama sekali, sepertinya itu bukan ide yang baik. Sekali pun Facebook belum memiliki larangan memposting gambar telanjang.

Kebencian

Terkadang ada kalanya kamu ingin mengeluarkan unek-unek kepada sesuatu hal yang mengesalkan kamu. Meski tidak dilarang, tetapi sebaiknya hati-hati jika kemarahan kamu ditujukan terhadap ideologi, lembaga, dan komunitas. Jika kamu berencana menuliskan kalimat yang kebencian untuk membagi pengalaman itu kepada teman-teman kamu, pastikan kamu punya bukti yang jelas, serta punya tujuan yang masuk akal. Yang pasti hindari membuat posting menjadikan sesuatu hal sebagai lelucon.

Narkoba, Alkohol dan Senjata Api

Facebook menyatakan larangannya terhadap penjual barang dari dealer tidak resmi. Namun ternyata aturan ini masih terasa ambigu mengingat banyaknya peredaran narkoba bisa saja terjadi di Facebook dengan memanfaatkan pedagang resmi. Misalnya jika ada yang membeli atau menjual ganja dan narkoba melalui platform mereka, masih tidak jelas boleh atau tidak.

Perilaku kriminal

Ini adalah perilaku yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang sepertinya tidak punya akal sehat. Seharusnya tidak ada orang yang mempromosikan kejahatan, mengancam tokoh publik atau berpartisipasi dalam kegiatan teroris di Facebook. Pasalnya Facebook bisa membuat kamu berurusan dengan pihak berwenang.

(Jeruknipis)

Posted in: Uncategorized