Tips Mengetahui Gadget yang Anda Beli Asli atau Palsu

Posted on March 18, 2015

0




Produk gadget palsu saat ini bukanlah suatu fenomena yang langka. Malahan kini umumnya sebuah produk palsu tampil sangat mirip dengan yang asli, sehingga tak jarang konsumen cukup sulit untuk membedakan mana produk yang palsu dan mana yang asli.


Berikut tips untuk mengetahui gadget yang akan Anda beli palsu atau asli:

1. Mengidentifikasi Harga

Ada baiknya Anda harga gadget yang hendak dibeli terlebih dahulu. Bila harga yang ditawarkan lebih murah, bahkan hanya mencapai setengah harga dari harga di tempat lain, Anda perlu curiga. Bisa jadi barang tersebut barang curian atau barang selundupan (black market) yang belum membayar pajak dan besar kemungkinan pula barang tersebut adalah barang bajakan.

2. Mengidentifikasi Desain dan Kinerja

Pada umumnya barang yang dipalsukan diproduksi di tempat yang sama dengan barang yang asli. Hanya saja, yang membuat harganya menjadi lebih murah dan dikategorikan ke dalam produk palsu adalah karena penggunaan komponen atau material yang berbeda.

Periksa dengan teliti mulai dari fisik gadget tersebut, dan curigalah bila gadget yang Anda beli lebih ringan daripada yang seharusnya. Ada kemungkinan bahwa gadget tersebut adalah palsu.

3. Mengidentifikasi Kode Produk, Rincian serta Fitur

Sebelum membeli periksan spesifikasi produk yang akan dibeli apakah sudah sesuai dengan yang diterbitkan oleh produsen gadget tersebut atau belum. Kemudian cari kode produk produsen dan periksa daftar penjualan yang biasanya terletak pada baterai.

4. Mengidentifikasi Ketersediaan 

Hampir mirip dengan poin nomor tiga, lakukanlah pengecekan ketersediaan barang di vendor resmi. Bila di vendor resmi barang masih tersedia maka bisa jadi barang yang Anda akan beli adalah asli, akan tetapi bila pada vendor resmi barang yang dibeli sudah tidak ada, Anda perlu memikirkan kembali untuk membeli gadget tersebut.

5. Mengidentifikasi Garansi

Perikasalah garansi pada gadget yang akan anda beli. Apakah gadget tersebut memiliki garansi resmi pabrik atau garansi toko yang menjual gadget tersebut. Bila gadget tersebut adalah garansi pabrik asli maka bisa dikatakan bahwa barang tersebut asli, tetapi bila garansi yang ditawarkan adalah hanya garansi toko anda perlu mempertimbangkan kembali sebelum membeli.

(Liputan6)

Posted in: Uncategorized