Review Asus Zenfone 2 RAM 4GB Internal 32GB

Posted on May 9, 2015

0


Asus tahun ini meluncurkan smartphone andalannya yang sangat ditunggu oleh penggiat gadget, karena salah satu variannya akan menggunakan RAM sebesar 4GB, yg secara otomatis menobatkan Asus Zenfone 2 menjadi smartphone pertama di dunia yg menggunakan RAM sebesar 4GB.

image

image

Untuk kamu yang penasaran dengan smartphone keren buatan Asus ini, berikut review dari Asus Zenfone 2 varian RAM 4GB dan memori internal 32GB

Desain Elegan

Dari segi desain, Asus Zenfone 2 mengusung desain yang terlihat premium dengan mengandalkan casing belakang yang semi unibody alias dapat dilepas.

Asus Zenfone 2 cukup nyaman utk digenggam, hal ini disebabkan karena bagian belakang yang membulat dan tidak licin. Walaupun casing bagian belakang terbuat dari bahan plastik, namun didesain sedemikian rupa sehingga terlihat seperti bahan yang premium dan elegan

image

Di bagian depan terdapat layar sebesar 5,5 inci dengan ukuran bezel yang ramping yang membuat ponsel dengan panjang 15,2 dan lebar 7,72 inci ini terlihat dipenuhi oleh bagian layar.

Layar Zenfone 2 memiliki resolusi Full HD 1080×1920 pixel berteknologi IPS yg mampu memberikan sudut pandang yang luas hingga 178 derajat.

image

Tampilan gambar di layar terlihat sangat bening dan cerah. Hal ini disebabkan karena Zenfone 2 menggunakan LCD modul dengan tingkat kerapatan 403ppi dan tingkat kecerahan 400nits serta terdapat lapisan Optical Clear Adhesive yang menawarkan kejelasan hingga 99%.

Layar Zenfone 2 juga sangat responsif karena dilengkapi fitur sensor yg menawarkan responsive time yg sangat cepat yakni 60 milidetik setelah disentuh jari. Sebagai perbandingan, kebanyakan smartphone saat ini memiliki responsive time antara 80 – 100 milidetik.

Jika cover belakang dibuka maka akan tampak baterai Li Polymer 3000mAh yg tidak bisa dilepas. Namun keuntungannya, kamu bisa melepas kartu sim dan micro sd tanpa perlu melepas baterai lebih dahulu. Ada dua slot sim yg tersedia. Sim 1 utk koneksi 4G LTE sedangkan sim 2 hanya utk telpon dan sms saja. Terdapat juga slot micro sd yg mampu mendukung kartu hingga 64GB.

 
   

  

  

  

  

  

  

Antarmuka Penuh Fitur

Asus zenfone 2 masih mengandalkan antarmuka andalannya yg dinamakan ZenUI. Pada zenfone 2, antarmuka ZenUI dibuat lebih sederhana dan mudah digunakan dengan menghadirkan beberapa fitur baru seperti ZenMotion, SnapView, ZenUI Instant Update dan TrendMicro Security.

Kelebihan dari ZenUI Instant Update adalah Asus memecahkan software menjadi sekitar 30 aplikasi yg terpisah sehingga kamu tidak perlu melakukan system update berkapasitas besar seperti kebanyakan ponsel android lainnya.

image

Tampilan Lock screen secara default akan menampilkan informasi tanggal, cuaca, lokasi, status jaringan dan tiga shortcut aplikasi yg sering digunakan.

image

Tampilan homescreen kini terlihat lebih segar dibandingkan ZenUI versi yg lama. Kamu juga bisa melakukan modifikasi homescreen dengan menekan agak lama pada ruang kosong di home screen.

image

Untuk mempercepat proses booting, Asus menyediakan aplikasi Auto start manager yg akan mengatur aplikasi mana yang akan di load dan mana yang tidak.

image

Salah satu fitur baru di Zenfone 2 adalah dukungan terhadap input yg lebuh intuitive yg disebut dgn ZenMotion. ZenMotion terbagi menjadi dua kategori, yakni Motion Gesture dan Touch Gesture. Pada Motion Gesture, pengguna bisa memilih untuk melakukan sesuatu dengan menggoyang-goyangkan perangkat. Misalnya ingin melakukan screenshot dengan cepat, cukup diguncangkan saja perangkatnya.

image

Touch Gesture jika diaktifkan, pengguna bisa menyalakan smartphone yang berada dalam kondisi layar off cukup dengan menyentuh dua kali pada layar. Kamu juga bisa menulis huruf tertentu dengan jari dan aplikasi yang diinginkan bisablangsung terbuka. Misalnya saat kondisi layar off, swipe huruf ‘W’ pada layar, maka ponsel akan langsung menyala dan membuka browser.

Keamanan Yang Terjamin

Asus Zenfone 2 menyediakan beberapa modus pengamanan. Mulai dari pengamanan standar, seperti instalasi dari Unknown sources (memblokir instalasi aplikasi tak resmi), fitur Lock screen, Screen pinning, Kids Mode, sampai aplikasi pengamanan Dr. Safety dari TrendMicro.

Yang menarik adalah fitur Kids Mode. Fitur ini bisa mengamankan ponsel kamu saat dimainkan oleh anak, sehingga anak tidak bisa mengakses aplikasi lainnya karena terkunci oleh password. Kamu juga bisa memblokir agar smartphone tidak bisa menerima panggilan saat berada di Kids Mode, kecuali jika anak mengetahui PIN-nya.

image

Oya, Asus ZenFone 2 juga memiliki fitur Add New User yang akan membuat aplikasi dan data pengguna tetap aman saat perangkat digunakan oleh orang lain. Cukup swipe bagian atas layar ke bawah dan klik User di bagian kanan atas.

image

Kamera Canggih

Asus ZenFone 2 memiliki teknologi kamera terbaru yang dinamakan PixelMaster Camera 2.0. PixelMaster merupakan sistem imaging yang dikembangkan dengan mengombinasikan algoritma khusus, hardware, dan optik untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Asus ZenFone 2 dilengkapi dengan dual tone flash agar bisa menghasilkan warna lebih alami pada gambar. Kamera depannya memiliki resolusi 5 megapiksel dengan wide-angle Lens yang mencakup hingga 85 derajat untuk mengoptimalkan foto selfie. Kamera depan juga mendukung Low Light Mode dan Zero Shutter Lag.

Untuk kamera utama ponsel ini memiliki resolusi sebesar 13MP. Dual LED flash membuat performa kamera di malam hari menjadi lebih tangguh.

Mode pengambilan gambar yang tersedia pada Zenfone 2 adalah auto, manual, HDR, beautification, super resolution, low light (3 MP), night, depth of field, effect, selfie, GIF animation, panorama, miniature, time rewind, smart remove, all smiles dan time lapse.

image

Hasil Foto

Outdoor
image

Indoor
image

Night
image

Selfie
image

Performa Menawan

Asus ZenFone 2, yang saat ini sedang di review adalah versi ZE551ML dengan RAM 4GB, storage 32GB, diperkuat dengan prosesor quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3580 berkecepatan 2.3GHz.

image

Dari sisi grafis, Asus ZenFone 2 menggunakan chip PowerVR 6430 berkecepatan 533MHz yang mendukung OpenGL 3.2 yang digunakan pada aplikasi grafis dan game terkini.

Prosesor Intel Z3580 memiliki performa 3 kali lebih cepat dibanding sebelumnya, dan 7 kali lebih pesat pada gaming. Bermain game, menjelajah web, dan memutar video Full HD akan berjalan dengan lancar. Menjalankan beberapa aplikasi secara multitasking juga tidak masalah.

image

image

Dari perbandingan yang sudah dilakukan, Intel menyebutkan bahwa prosesor terbarunya ini menawarkan kecepatan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor octa core Mediatek, atau hampir dua kali lebih cepat dibanding salah satu prosesor kelas atas Qualcomm yakni Snapdragon 800.

Menggunakan aplikasi benchmark yang umum untuk mengukur performa dan membandingkannya dengan smartphone lain yang beredar di pasar, ternyata Asus ZenFone 2 ZE551ML 4GB ini memiliki performa yang cukup tinggi. Bahkan mengalahkan smartphone premium lain yang dipasarkan di harga yang lebih mahal.
image

Baterai

Asus ZenFone 2 menggunakan baterai Lithium-Polymer non removable berkapasitas 3000mAh. Ia menawarkan energi yang cukup untuk memasok daya bagi aktivitas penggunanya, mulai dari terbit sampai terbenam matahari.

  
Tak hanya menawarkan kapasitas yang cukup besar untuk memasok daya bagi smartphone, ZenFone 2 juga dilengkapi fitur Asus BoostMaster Technology. Ia bisa mengisi ulang baterai dari kosong sampai 60% hanya dalam 39 menit.

Kesimpulan

ASUS ZenFone 2 merupakan smartphone Android generasi terbaru ASUS dengan performa yang memuaskan. Sejumlah perbaikan juga dihadirkan ASUS dibandingkan dengan smartphone ZenFone generasi pertama. Dari sisi desain, fitur, dan performa Asus ZenFone 2 jauh lebih baik, sementara dari sisi harga, pengguna juga tidak harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Perubahan lokasi tombol volume dan shutter camera juga membuat penggunaan ZenFone 2 menjadi lebih nyaman. Penggunaan prosesor quad core Intel generasi Moorefield, RAM ekstra lega layaknya PC desktop dan sistem operasi Android terkini membuat pengalaman berkomunikasi, bekerja dan gaming menjadi lancar tanpa hambatan.

Posted in: Android, Gadget, Ponsel