Tips Bikin Video Perjalanan Jadi Keren Pakai iPhone

Posted on June 19, 2015

0


Sedang mempersiapkan liburan? Ke manapun tujuannya, liburan akan selalu menyenangkan. Akan lebih menyenangkan lagi jika Anda bisa mengabadikan momen liburan dengan orang-orang terkasih atau bahkan liburan seorang diri. Ada beragam cara untuk melakukannya, mulai dari menulis jurnal hingga membuat video perjalanan. Merasa tidak berbakat menulis? Tenang, foto bisa berbicara. Bosan dengan foto? Kenapa tidak membuat video saja? Membuat video perjalanan memang bukan perkara mudah, Anda harus menyiapkan peralatan yang tepat. Tak harus menggunakan kamera video profesional, karena smartphone pun kini juga dilengkapi fitur video yang bisa dimanfaatkan. Bingung bagaimana memulainya? Anda bisa menyimak tipsnya berikut.

Memilih peralatan tempur

Saat ini ada beragam pilihan smartphone yang tersedia. Namun jika melihat banyaknya pilihan aplikasi video dan aksesoris, iPhone 6 mungkin adalah perangkat terbaik untuk mobile video.

Aksesoris

Setelah perangkat utama, Anda juga bisa mempersenjatai diri dengan beberapa aksesoris, seperti beragam lensa clip-on untuk pilihan warna yang lebih luas atau efek wide-angle pada video footage. Seperti lensa wide-angle dan macro Olloclip misalnya. Lensa ini cukup kecil dan mudah dipasangkan dengan iPhone. Atau Klyp case dari Manfrotto yang memiliki beragam piilihan lensa.

Aksesoris yang tak kalah penting tentunya tripod. Anda membutuhkan tripod untuk membantu menstabilkan video, sangat bermanfaat ketika membuat time-lapse video. Yang terakhir adalah external battery pack. Tentu Anda tidak ingin kehilangan momen hanya karena baterai smartphone tiba-tiba habis di tengah-tengah rekaman video.

Aplikasi

Selesai dengan peralatan dan aksesoris, kini saatnya memilih aplikasi. Untuk iPhone sendiri, aplikasi standar kamera iOS sudah cukup baik untuk mengambil video. Terlebih aplikasi ini dilengkapi interface yang simple, sehingga tidak perlu membuang waktu untuk memilih setting, cukup tekan tombol record saja. Namun jika ingin sesuatu yang baru Anda bisa mencoba aplikasi Filmic Pro. Aplikasi ini memberikan kontrol manual untuk exposure, focus dan flash. Ada juga aplikasi 8MM untuk mengambil video dengan filter bergaya vintage. Ingin aplikasi yang gratis? Hyperlapse mungkin jadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat video stabilised time-lapse dengan mudah tanpa harus menggunakan tripod. Stabilisation ini juga memungkinkan panning dengan mulus, setiap getaran tangan Anda akan secara otomatis diperhalus.

Saatnya syuting!

Tentukan jenis film

Sebelum benar-benar memulai Anda bisa menentukan seperti apa video yang ingin dibuat. Apakah video diary liburan singkat saat weekend? Anda bisa merinci lokasi untuk pengambilan video, seperti dari dalam mobil, jendela kereta api dan ketika mencari hotel. Footage ini nantinya akan bisa membantu narasi perjalanan.

Pasang mata dan telinga

Jangan hanya fokus pada obyek wisata utama. Perhatikan juga hal-hal di sekitar Anda, seperti musisi jalanan, traffic light yang menyala, papan nama jalan dalam berbagai bahasa, toko kelontong yang dipenuhi pelanggan lokal dan landmark khas yang akan membuat Anda ingat akan tempat tersebut.

Bermain dengan angle

Cobalah lebih kreatif memainkan angle. Sebelum benar-benar memulai syuting, Anda bahkan bisa bereksperimen terlebih dahulu. Misalnya Anda bisa mengarahkan kamera ke atas jendela ketika bus melaju untuk mendapatkan gambaran gedung-gedung bertingkat.

Durasi singkat, frekuensi sering

Ketika ada hal yang menarik perhatian Anda, jangan banyak berpikir. Keluarkan iPhone dan abadikan momen. Semakin banyak klip, semakin menarik video Anda. Tetapi jangan terlalu lama, durasi setiap klip sekitar 4-10 detik saja. Well.. durasi 20 detik mungkin akan terasa singkat ketika Anda melihat sebuah pemandangan dengan mata telanjang, tapi ketika melihatnya ulang pada rekaman video, rasanya mungkin seperti bertahun-tahun. Klip dengan durasi singkat juga lebih mudah diedit nantinya.

Editing

Syuting sudah selesai. Tapi masih ada yang harus dikerjakan. Untuk menjadikannya sebuah video perjalanan yang utuh, tentu Anda harus menggabungkan semua klip dengan bantuan aplikasi, seperti Replay atau Magisto yang bisa didownload secara gratis. Aplikasi-aplikasi ini akan mengedit video pilihan menjadi sebuah film secara otomatis, lengkap bersama efek dan soundtrack. Jika Anda hanya ingin berbagi video perjalanan dengan editing sederhana pada teman-teman di Facebook, aplikasi ini layak untuk dicoba.

Tapi jika Anda ingin yang lebih ‘wah’, maka aplikasi iPad iMovie adalah jawabannya. Anda bisa mengimport video clip satu per satu, kemudian memisah bagian yang diinginkan, memilih transisi berbeda antara klip dan menambahkan soundtrack dari music library atau dari built-in theme. iMovie juga memungkinkan Anda menambah ‘voiceover’ untuk scene yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Meski aplikasi tersedia untuk iPhone, namun mengedit video pada perangkat dengan layar besar akan lebih memudahkan.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat film perjalanan Anda sendiri?

(Gopego)

Posted in: Uncategorized