Ponsel Tertindih Saat Tidur, Bahaya Gak Ya?

Posted on July 11, 2015

0


  
ASK: Saya adalah pengguna smartphone Lumia 630. Yang ingin saya tanyakan adalah. Apa efek bagi smartphone yang tertimpa tubuh saat kita sedang tidur. Apa saja yang perlu diperhatikan pada smartphone yang tanpa sadar tertimpa berat tubuh saat sedang tidur untuk memastikan tidak ada kerusakan dan smartphone kita baik-baik saja. (yudhis febriansyah)

Jawaban:
Kebanyakan smartphone, terutama dari perusahaan besar, biasanya sebelum dijual ke publik harus melewati serangkaian stress test. Stress test ini meliputi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika smartphone tersebut sedang dipakai. 
Di antaranya kemungkinan jatuh ketika dikeluarkan dari saku, terkena percikan air, tertekan pada saat duduk atau jongkok, dan lain-lain.

Jika kita terlelap ketika sedang menggunakan smartphone, dan smartphone tersebut tertindih oleh tubuh kita di atas kasur yang cenderung empuk, seharusnya tidak akan terjadi kerusakan. Karena tidak ada tekanan yang berlebih atau benturan yang keras pada smartphone.

Lumia 630 pada lapisan layar juga sudah menggunakan Corning gorilla glass 3, dimana sampai saat ini, smartphone-smartphone yang menggunakan gorilla glass 3, biasanya cukup tangguh pada kekuatan layar. 

Gorilla glass sendiri sebenarnya proses thermal dan kimiawi, merubah struktur lapisan depan layar menjadi lebih kuat (strengthened) Secara pengamatan fisik, coba saja smartphone diamati setelah tertindih, apa terjadi perubahan bentuk, misal menjadi sedikit melengkung. Atau mudahnya letakkan di atas meja bidang datar dan amati dari samping.

Kemudian coba lakukan fungsi-fungsi utama seperti menelepon, mengetik, kamera, dan lain-lain, apakah terdapat keanehan atau kegagalan. Kita juga bisa melakukan test fungsi hardware ini melalui aplikasi. 

(sumber: detik)

Posted in: Uncategorized