Tips Membeli Aplikasi dengan Kartu Kredit

Posted on July 11, 2015

0


  
Tanya: Sengaja saya mengajukan kartu kredit ke bank untuk bisa membeli aplikasi di App Store. Namun terkendala saat mengisi data kartu kredit begitu mengklik tombol selesai muncul pesan “kode keamanan tidak berlaku”. Bagaimana cara registrasi kartu kredit yang benar agar bisa membeli aplikasi? (Sigitarferdy)

Jawaban:

Pertama, ketika mendapatkan kartu kredit, yakinkan bahwa kartu tersebut sudah diaktifkan. Karena biasanya ketika kita pertama kali menerima kartu kredit, demi keamanan, pihak bank belum mengaktifkannya, sampai kita menelepon untuk mengaktifkan, atau mengikuti prosedur pengaktifan yang biasa disertakan dalam panduan kartu kredit.

Jika kartu anda sudah aktif, dan pertama kali digunakan belanja langsung di internet, bisa jadi pihak bank akan lebih protektif, karena belanja di internet, apalagi yang basis pembayarannya di luar negeri, bukan kebiasaan banyak orang kita. Bank penerbit kartu akan selalu memantau transaksi.

Jika kebanyakan transaksi kita di kota lokal, dan tiba-tiba ada transaksi di luar, kebanyakan bank akan meminta konfirmasi kepada kita sebelum menyetujuinya. Jika hal ini yang membuat anda tidak bisa bertransaksi, coba telepon dahulu sebelum bertransaksi ke layanan pelanggan, yang nomornya disertakan di belakang kartu kredit untuk mengkonfirmasi bahwa anda akan membeli aplikasi di appstore.

Kode keamanan tidak berlaku, bisa juga karena kita salah mengisikan data. Di appstore di bagian iTunes account, kita tambahkan informasi kartu kredit.

Pertama kita pilih jenis kartu kredit kita, visa atau master atau lainnya, dimana jenis kartu kredit kita terlihat di logo bagian depan. Pada bagian card number diisikan (biasanya 16 digit) nomor kartu kredit.

Pada bagian expire, isikan bulan dan tahun masa berlaku kartu kredit Kemungkinan bagian dimana anda salah adalah memasukkan security code. Setiap kartu kredit dilengkapi CVC atau Card Verification Code (atau juga disebut sebagai CVV-Card Verification Value).

Kode ini adalah 3 angka terakhir yang tertera di bagian belakang kartu kredit. Kode ini menjadi tanda bahwa kita memiliki fisik kartu kredit tersebut dan sangat dibutuhkan untuk bertransaksi online.

Pada billing address, pastikan diisi sesuai data kita yang didaftarkan di kartu kredit, termasuk kode pos. Jika data ini berbeda, seringkali membuat transaksi tidak bisa dilanjutkan. Setelah semua selesai, kita bisa melakukan transaksi, dan senantiasa akan ada notifikasi pembayaran masuk ke email selesai membeli aplikasi.

Selain menggunakan kartu kredit, kita juga bisa menggunakan iTunes Gift Card, voucher dengan nominal tertentu yang selain bisa dibeli dari apple, banyak juga dijual pihak ketiga.

Dengan iTunes Gift Card kita akan memiliki saldo sesuai besaran iTunes Gift Card, dan saldo ini akan berkurang ketika melakukan pembelian di appstore.

(sumber: detik)

Posted in: Uncategorized