Fungsi Fitur NFC di Smartphone

Posted on July 12, 2015

0


  
Walaupun fungsi NFC belum diterapkan sepenuhnya di Indonesia, perkembangannya yang cepat dapat menjadi sebuah revolusi dalam hal interaksi manusia dengan mesin, antara lain sebagai berikut:
1. Membuka Aplikasi secara Otomatis

Misalnya membuka aplikasi resep hanya dengan men-tap ponsel dengan NFC tag yang terpasang di dinding dapur, menyalakan music player hanya dengan menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang berada di samping tempat tidur, atau menyalakan lampu hanya dengan men-tap NFC tag yang terdapat di pintu, bahkan menelepon kekasih kita hanya dengan men-tap NFC tag yang ditempelkan pada foto pacar yang terpajang di meja kerja.

2. Memberitahu Posisi suatu Tempat

Pengguna dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko. Dalam lingkup bisnis, pengguna dapat dapat menggunakan NFC untuk memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut.

3. Menjalankan Tugas Tertentu

NFC tag dapat diprogram untuk menjalankan pekerjaan yang rumit, contohnya jika ingin mengirim pesan “selamat pagi” untuk teman-teman, tidak perlu mengetik pesan tersebut secara manual, tinggal memprogram sebuah tag dan pengguna dapat langsung mengirimkan pesan tersebut hanya dengan men-tap ponsel pada tag tersebut.

4. Melakukan Pembayaran

Fungsi NFC yang paling bermanfaat adalah NFC Payment, di mana pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan men-tap smartphone mereka ke perangkat transaksi, tanpa menggunakan uang tunai atau pun kartu kredit.

Posted in: Uncategorized