Cara Tingkatkan Sinyal WiFi Sampai 3X Lipat

Posted on April 22, 2016

0


Saat ini mayoritas rumah tangga di Indonesia telah menjadi pelanggan jaringan internet dan memiliki sebuah router WiFi untuk memungkinkan berbagai macam perangkat yang ada di rumah bisa terhubung dengan internet secara bersamaan. Namun seperti yang Anda ketahui, mengingat penyebaran sinyal WiFi mirip seperti gelombang radio atau televisi, maka faktor penempatan posisi router di titik terbaik bakal sangat menentukan kemudahan mengakses jaringan internet untuk seluruh anggota keluarga di internet.

Jika selama ini posisi kamar Anda terletak cukup jauh dari posisi router, dan Anda tak ingin kuota internet ponsel Anda cepat amblas cuma gara-gara kesulitan mengakses jaringan WiFi di rumah, ada sebuah cara mudah untuk mendorong kekuatan penyebaran sinyal WiFi dari router yang dipasang di rumah Anda.

Kanal YouTube KipKay pada tahun 2013 lalu sempat memposting sebuah video lifehack dimana Anda bisa mengubah kaleng soda atau bir menjadi semacam ‘antenna parabola’ yang berguna untuk memperkuat penyebaran sinyal WiFi di dalam rumah. Jumlah kaleng yang dibutuhkan bakal tergantung pada jumlah antenna yang ada di router WiFi, karena Anda bakal membutuhkan bagian atasnya.

Jadi setelah menghabiskan kaleng minuman dan mencucinya, langsung potong bagian bawah kaleng hingga terbuka. Selanjutnya potong bagian atas kaleng tapi jangan dipotong sepenuhnya, karena sebidang bagian yang masih belum terpotong tersebut bakal menjadi penyangga dari permukaan dari antenna. Setelah selesai, belah kaleng secara vertikal dari seberang titik yang tidak terpotong tadi, lalu bentuk kaleng menjadi huruf ‘U’ atau kurva lengkung.

Kaleng antenna kini sudah jadi, dan Anda tinggal memasukkannya ke antenna router via lubang minum dan memasangnya secara terbalik. Jika antenna di router ada 2 buah, ulangi proses ini di kaleng lainnya, dan jangan lupa untuk menggunakan selotip perekat agar potongan kaleng dalam posisi stabil.

Menurut KipKay, trik ini bisa meningkatkan kekuatan sinyal WiFi sampai 3x lipat dan menjangkau seluruh rumah. Jadi tunggu apa lagi? Ayo buat antenna kaleng sekarang juga!

(Gopego)

Posted in: Android